Talkshow Planters Kalbar Bahas Teknik Panen Hinga Penggunaan Bibit Sawit Unggul Saat Replanting

oleh -1638 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/ Panitia Memberikan Apresiasi Terhadap Pendukung Acara Talkshow Planters Kalbar

InfoSAWIT, PONTIANAK – Guna memberikan edukasi yang benar mengenai budidaya kelapa sawit sesuai Good Agricultural Practicess (GAP), Indonesian Planters Society (IPS), menggelar Talkshow Planters di Pontianak, Kalimanta Barat pada Sabtu (18/3/2023).

Diungkapkan Ketua Umum IPS, Jamalul, diadakannnya Talkshow Planters ini bertujuan untuk edukasi dan transfer ilmu praktisi lapangan kepada para peserta talkshow kali ini yang diikuti para petani kelapa sawit, kalangan pengurus Koperasi Unit Desa (KUD) dan karyawan di perusahaan besar perkebunan kelapa sawit.


Setidaknya dalam acara bertajuk “Peningkatan Kompetensi Stakeholder Kelapa Sawit Khususnya Pekebun Rakyat menuju Sawit Baik oleh Para Professional Planters” bakal membahas tiga topik penting pada budidaya kelapa sawit, diantaranya sesi pertama membahas mengenai panen kelapa sawit yang efektif dan efisien di perkebunan kelapa sawit.

BACA JUGA: 5 Tahun Berkiprah IPS Dukung Pengembangan Perkebunan Nasional, Lewat Edukasi Planters

Lantas sesi kedua membahas terkait cara pemupukan yang efektif dan efisien serta penggunaan pupuk organic di perkebunan kelapa sawit. “Serta sesi ketiga mengenai repalnting yang efektif dan efisien serta penggunaan bibit sawit unggul di perkebunan kelapa sawit,” kata Jamalul saat memberikan sambutan di Hotel Mercure, Pontianak, Kalbar, Sabtu (18/3/2023), dalam informasi yang diterima InfoSAWIT.

Lebih lanjut tutur Jamalul, acara ini menjadi wadah yang cukup penting dan menarik bagi pelaku perkebunan kelapa sawit, lantaran menghadrikan para narasumber yang memiliki kompetensi dibidangnya, dengan latar belakang keahlian yang sudah puluhan tahun.

“Acara ini juga didukung pemerintah melalui Dinas Perkebunan Provinsi Kalbar supaya dapat berdiskusi dan memperoleh solusi dari kendala yang muncul di lapangan,” ungkap Jamalul.

BACA JUGA: Spa Factory Bali: Gunakan Minyak Sawit Berkelanjutan dan Libatkan Para Perempuan

Kata Jamalul, sejalan dengan program pemerintah, melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), berupaya turut serta dalam meningkatkan kompetensi para pekebun rakyat, melalui para praktisi perkebunan kelapa sawit yang telah berpengalaman secara global, sehingga kedepannya perkebunan kelapa sawit Indonesia terus tumbuh dan berkembang.

“Pada kesempatan ini juga kami menghimbau kepada seluruh anggota dan hadirin untuk memberikan kontribusi yang nyata dengan baik dari segi pemikiran-pemikiran yang ada, demi kemajuan perkebunan kelapa sawit nasional,” tandas Jamalul. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com