Janjang Kosong Sebagai Pengganti  Pupuk Anorganik Pada Masa TBM Sawit

oleh -21949 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Aplikasi Janjang Kosong Sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA- Janjangan kosong kelapa sawit merupakan limbah dengan volume yang paling banyak dari proses pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) sawit pada pabrik kelapa sawit, yang jumlahnya mencapai 23% dari TBS yang diolah.

Dalam satu ton janjang kosong kelapa sawit mempunyai kandungan unsur nitrogen 3,6 kg, phosphat 0.9 kg, kalium 11 kg dan magnesium 1,4 kg. Janjang kosong memiliki potensi sebagai pengganti pupuk Anorganik pada Sawit masa Tanaman Belum Menghasilkan (TBM).

Janjang kosong kelapa sawit merupakan limbah padat kelapa sawit yang dihasilkan setelah dilakukan proses perebusan dan perontokan. Limbah tandan/janjang kosong merupakan limbah dengan volume yang paling banyak dari proses pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) pada pabrik kelapa sawit, mencapai 23% dari TBS yang diolah.

BACA JUGA: Berikut Cara Menggenjot Produktivitas Sawit Melalui Efisiensi

Limbah tersebut akan semakin meningkat seiring dengan peningkatan kapasitas produksi TBS yang diolah. Peningkatan volume limbah menimbulkan masalah baru terhadap lingkungan terutama munculnya pencemaran ke lingkungan dan pengolahan limbah yang cukup banyak menimbulkan biaya.

Dalam satu ton janjang kosong, Limbah janjang kosong yang bersifat organik mempunyai kandungan unsur nitrogen 3,6 kg, phosphat 0.9 kg, kalium 11 kg dan magnesium 1,4 kg mempunyai potensi cukup besar untuk dapat dimanfaatkan sebagai substitusi pupuk dengan mengaplikasikan limbah di atas tanah yaitu  sekitar piringan tanaman kepala sawit (Pahan,2006).

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi dan kegunaan janjang kosong, mengetahui peran penting dan tujuan aplikasi janjang kosong serta teknik pengaplikasiannya.

BACA JUGA: Segera Tunda Dua Aktivitas Agronomis di Kebun Sawit Ini, Saat Cuaca Panas Ekstrim

Pengaplikasian janjang kosong dapat menggantikan pupuk muriate of potash (MOP) pada pupuk anorganik yang seharusnya dilakukan di PT Cisadane Sawit Raya, dengan pengaplikasian janjang kosong yang kaya akan kandungan muriate of potash (MOP) dapat mensubtitusikan dari pemupukan pada pupuk anorganik tersebut. Dan jika ditinjau dari segi biaya pensubtitusian pupuk ini dapat mengurangi biaya pemupukan. Selain itu  dapat juga  memperbaiki sifat tanah baik secara fisik, biologi dan kimia tanah yang secara otomatis memberikan pertumbuhan yang optimal terhadap kelapa sawit.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com