5 Individu Orangutan dilepasliarkan BOS ke Hutan Kehje Sewen, Kalimantan Timur.

oleh -1781 Dilihat
infosawit
Dok. Istimewa

InfoSAWIT, SAMARINDA 5 (lima) Individu Orangutan, yang bernama Riana, Mayer, Andreas, Leann dan Elaine, berhasil dilepasliarkan Borneo Orangutan Survival (BOS) kembali ke habitatnya di Hutan Kehje Sewen, berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur.

Menurut BOS, setelah hampir dua tahun tidak melakukan pelepasliaran di Kalimantan Timur, hari ini (16/5) Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Kalimantan Timur, bersama Yayasan BOS melepasliarkan 5 (Lima) orangutan hasil rehabilitasi dari pusat rehabilitasi orangutan Yayasan BOS di Samboja Lestari ke Hutan Kehje Sewen.


Upaya pelepasliaran ini dilaksanakan pada pertengahan tahun 2023, dengan tetap menggunakan protokol kesehatan khusus, yang dikembangkan untuk mencegah penyebaran virus SARS-COV-2 dan disertai tes COVID-19baik pada tim yang terlibat, maupun individu orangutan yang akan dilepasliarkan.

BACA JUGA: Berikut Alasan BOS Lepasliarkan 5 Individu Orangutan

Kegiatan ini merupakan pelepasliaran orangutan yang pertama kali dilakukan pada tahun 2023 dan yang ke-25 kalinya dilakukan di Hutan Kehje Sewen, Kalimantan Timur.

Berdasarkan keterangan resmi diterima InfoSAWIT, sejak Tahun 2021, di dekade ketiga usia Yayasan BOS, upaya pelepasliaran orangutan telah berhasil mengembalikan 505 orangutan ke habitat alaminya (termasuk kelima orangutan yang dilepasliarkan hari ini), di mana 379 orangutan dilepasliarkan di lokasi pelepasliaran di Kalimantan Tengah dan 126 di Kalimantan Timur.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN 16 Mei 2023 Turun Rp 156/Kg

BOS juga menginformasikan jumlah orangutan yang saat ini masih ada di Pusat Rehabilitasi Yayasan BOS adalah 401 individu orangutan, 279 di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah, dan 122 di Samboja Lestari, Kalimantan Timur. (T1)

Download Profil Orangutan yang Dilepasliarkan

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com