Berikut Pedoman Gender RSPO Untuk Sektor Sawit

oleh -4430 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Pekerja Perempuan Swit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Merujuk informasi dari Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), sejatinya Pedoman Gender ini terdiri dari lima bagian, diantaranya pertama, apa itu Pemberdayaan Ekonomi Perempuan dan mengapa itu penting bagi RSPO?, dalam bagian ini akan menggambarkan kegiatan yang digunakan untuk dokumen Panduan Gender ini. Serta  memvisualisasikan peran penting perempuan di sektor kelapa sawit, terutama sebagai buruh dan anggota keluarga petani kecil. Ini menjelaskan apa yang dimaksud dengan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, dan bagaimana hal itu dapat dicapai. Terakhir, menjelaskan mengapa pengembangan ekonomi perempuan menjadi penting untuk strategi bisnis perusahaan di sektor kelapa sawit.

Lantas kedua, perusahaan sebagai pemberi kerja; strategi untuk mengatasi kendala berbasis gender dari karyawan perempuan, pada bagian ini akan memberikan strategi praktis, dengan contoh, yang relevan untuk semua perusahaan yang mempekerjakan karyawan, baik di perkebunan, pabrik, penyedia tenaga kerja, dan petani kecil yang lebih besar.

Di perusahaan besar, manajemen bertanggung jawab untuk memastikan bahwa kendala spesifik berbasis gender dari karyawan wanita ditangani dan mengembangkan strategi bersama dengan departemen manajemen sumber daya manusia atau departemen tanggung jawab sosial perusahaan. Namun pelaksanaannya menjadi tanggung jawab semua personel, staf teknis, pengawas di berbagai tingkatan, dan staf lapangan.

BACA JUGA: Pertemuan G7: Target Penurunan Emisi Karbon, Butuh Aksi Nyata Bukan Sekadar Retorika

Dalam kasus pekebun swadaya, pengurus dan staf teknis dari kelompok / organisasi pekebun memainkan peran yang sama sebagai manajemen perusahaan. Mereka harus mempromosikan dan memfasilitasi agar anggotanya menerapkan kebijakan responsif gender dalam berurusan dengan karyawan mereka. Pembentukan Komite Gender sangat disarankan. Kelompok / organisasi petani kecil untuk isu ini dapat bekerjasama dengan perusahaan kelapa sawit pembeli. Jika perlu, bisa diminta bantuan dari lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Seperti yang ditunjukkan, bagian manajemen sumber daya manusia yang responsif gender ini penting bagi semua pelaku dalam rantai, termasuk pedagang / pengolah dan penyedia tenaga kerja. Tidak semua saran mungkin relevan bagi mereka, tetapi disarankan untuk menerapkan elemen yang sesuai dengan tanggung jawab mereka. Perkebunan dan kelompok / organisasi petani kecil disarankan untuk mendiskusikan dan bekerja sama mengenai topik ini dengan pelaku lain dalam rantai pasok.

Ketiga, bekerja dengan petani swadaya: strategi untuk mengatasi kendala berbasis gender dari petani perempuan. Untuk bagian ini akan memberikan strategi praktis, dengan contoh untuk perkebunan yang bekerja dengan petani swadaya dan organisasinya, dan kelompok / organisasi petani itu sendiri. Ini menjelaskan bagaimana layanan dapat diberikan kepada kelompok-kelompok ini atau oleh kelompok kepada anggotanya agar mereka dapat diakses secara setara baik perempuan maupun laki-laki.

BACA JUGA: Bappebti Pastikan Bursa Sawit Berjalan Sesuai Rencana, Launching di Juni 2023

Bagian keempat, diperuntukkan bagi semua perusahaan (besar) yang ingin menjalin hubungan baik dengan masyarakat sekitar perkebunan. Hal tersebut merupakan tanggung jawab manajemen perusahaan, melibatkan staf terkait, misalnya, mereka yang bekerja di klinik kesehatan atau pusat penitipan anak atau sekolah, dan juga staf departemen tanggung jawab sosial perusahaan. Jika perlu, kerja sama dengan LSM, organisasi wanita, atau konsultan khusus disarankan.

Lantas kelima,  Proses dan kapasitas internal. Bagian ini menyediakan pemindaian gender cepat, yang akan membantu perusahaan menilai sensitivitas gender perusahaan. Alat penilaian risiko juga disediakan, yang dapat digunakan untuk membuat proses internal perusahaan yang sensitif gender. (T2)

Sumber: Majalah  InfoSAWIT Edisi Mei 2021  

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com