Musim Mas Group Merespon European Union Deforestation Regulation (EUDR)

oleh -10420 Dilihat
infosawit
Dok. Musim Mas untuk InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTGrup Musim Mas Merespon peraturan Deforestasi yang ditetapkan Uni Eropa. Grup Musim Mas memandang pentingnya komitmen pembangunan hijau Uni Eropa sebagai visioner, ambisius dan patut dipuji.

Grup Musim Mas juga menyatakan siap berkolaborasi guna mendukung komitmen hijau Uni Eropa.


Berikut pernyataan resmi Grup Musim Mas yang disiarkan melalui website resminya, dengan judul Musim Mas Responds To The European Union Deforestation Regulation (EUDR).

BACA JUGA: Dewan Bisnis European Union-ASEAN Mendorong Penerimaan Skema RSPO Bagi Ekspor Minyak Sawit ke Uni Eropa.

Menyusul pengumuman sebelumnya oleh Parlemen Uni Eropa pada bulan April, Dewan Uni Eropa kemarin mengumumkan telah mengadopsi Peraturan Deforestasi Uni Eropa (EUDR) yang bertujuan untuk meminimalkan risiko deforestasi dan degradasi hutan, terkait dengan produk yang di impor atau diekspor dari pasar Uni Eropa.

Ambisi Uni Eropa di balik peraturan tersebut, bagian dari Komitmen Hijau Uni Eropa, yang lebih ambisius dan visioner, serta patut dipuji.

Untuk mencapai tujuan Komitmen Hijau Uni Eropa, penerapan peraturan tersebut akan membutuhkan keterlibatan yang tulus dari negara-negara produsen khususnya, dan untuk “tidak meninggalkan siapa pun dan tidak ada tempat”. Petani kecil bukanlah “risiko deforestasi” bagi UE, namun mereka mungkin tidak memiliki sarana untuk menunjukkan kepatuhan mereka. Mereka mungkin memiliki hak atas tanah tetapi tidak memiliki sertifikat tanah dan tidak memiliki peta pertanian untuk membuktikan kepatuhan. Mereka sekarang berisiko tertinggal.

BACA JUGA: Perusahaan Sawit Ini Punya Target 22% Perwakilan Perempuan di Level Manager

Sebagai salah satu dari banyak pemangku kepentingan, Musim Mas melihatnya sebagai peluang bagi Indonesia dan Uni Eropa untuk mengembangkan langkah-langkah penerapan yang saling menguntungkan. Ambisi di balik Kesepakatan Hijau Eropa, visi pertumbuhan berkelanjutan Indonesia, dan komitmen kami didasarkan pada prinsip yang sama.

Terlibat dalam setiap langkah rantai pasokan, mulai dari petani swadaya hingga produk konsumen di rak supermarket, Musim Mas berharap semua pihak dapat menemukan titik temu, di mana tujuan saling tumpang tindih atau berbagai tujuan dapat diselaraskan.

Sebagai perusahaan kelapa sawit yang sangat mendukung keberhasilan petani swadaya Indonesia dan kepedulian konsumen di seluruh dunia, kami berharap semua pihak di semua tingkatan akan mempertimbangkan kebutuhan dan potensi petani swadaya Indonesia dan mengalokasikan sumber daya yang tepat, dapat membuat EUDR sukses bersama.

Sekadar informasi, pemberitaan Grup Musim Mas sebelumnya yang berjudul:

https://www.musimmas.com/adopsi-peraturan-deforestasi-uni-eropa-eudr/?lang=id#

Sesuai update informasi dari Indonesia Communication Lead Musim Mas Group, Reza Rinaldi Mardja, yang menerangkan bahwa Musim Mas belum mengadopsi EUDR.

“Sesuai pembicaraan by phone tadi, bahwa Musim Mas belum mengadopsi EUDR, dan ini merupakan respond kami terhadap EUDR. Kami menganggap masih ada yang perlu didiskusikan lebih lanjut terkait EUDR,” kata Reza menjelaskan kepada InfoSAWIT.

Pemberitaan klarifikasi ini bersumber dari penjelasan resmi Grup Musim Mas pada halaman Website resminya:

https://www.musimmas.com/musim-mas-responds-to-the-european-union-deforestation-regulation-eudr/

Demikian klarifikasi pemberitaan ini dilakukan, sesuai kode etik jurnalistik, peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. (T1)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com