Tantangan dan Peluang Inklusivitas Sawit

oleh -4859 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/Foto: Dea Kinanti/Lanskap Perkebunan Kelapa Sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Industri sawit dari hulu hingga hilir selalu menghadapi tantangan dan peluang dalam bisnisnya. Pasca menghadapi masa pandemi Covid 19, industri sawit terus bertumbuh dan menyuplai kebutuhan minyak nabati dunia.

Bertumbuhnya pasar minyak nabati dunia termasuk minyak sawit, menjadi tantangan dan peluang baru bagi para pebisnis sawit. Pasalnya, keberadaan negara tujuan ekspor minyak sawit, selalu menyaratkan aturan dan regulasi yang kian memberatkan pebisnis sawit.


Seperti Uni Eropa yang menyaratkan regulasi terbaru European Union Deforestation Regulations (EUDR) yang sudah disetujui Parlemen Uni Eropa awal tahun 2023 ini, dengan masa tenggang berlaku sekitar 15 bulan kedepan.

BACA JUGA: Minyak Sawit Berkelanjutan: Bentuk Komitmen Hijau Bersama Petani 

Selain itu, tantangan juga berasal dari kalangan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menuntut adanya kesetaraan jender, kesempatan bekerja dan tidak adanya perbedaan perlakuan karyawan.

 

Tantangan Menjadi Peluang Sawit.

Tantangan dari pasar tujuan ekspor yang berasal dari regulasi negaranya, menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis minyak sawit di Indonesia dan Malaysia sebagai produsen terbesar minyak sawit mentah (CPO).

Disisi lain, keberadaan industri sawit juga memiliki peluang besar, guna memberikan bukti kepada publik akan prinsip dan kriteria keberlanjutan yang sudah lama dilakukan pada industri sawit termasuk perkebunan kelapa sawit.

BACA JUGA: Minyak Sawit Berkelanjutan: Bentuk Komitmen Hijau Bersama Petani 

Guna menjawab berbagai tantangan yang ada di negara tujuan ekspor, maka industri sawit memiliki peluang besar guna mewujudkan minyak sawit berkelanjutan sebagai norma bersama para pemangku kepentingan.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com