Aceh Tamiang Lokasi Tepat Pengembangan Pabrik Minyak Makan (Pamima) Merah Berbasis Sawit

oleh -6093 Dilihat
infosawit
Dok. Istimewa

InfoSAWIT, MEDAN – Aceh Tamiang menjadi satu kabupaten pelopor dan sentra perkebunan kelapa sawit di Provinsi Aceh. Dimana stok tandan buah segar (TBS) sawit nya melimpah, baik dari produksi perusahaan maupun petani sawit.

Sebab itu diungkapkan Ketua DPW Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) Provinsi Aceh, Sofyan Abdullah, Aceh Tamiang diyakini menjadi tempat yang layak untuk lokasi pembangunan pabrik minyak makan (Pamima) merah.

Keyakinan itu disampaikan Sofyan setelah beberapa hari sebelumnya melakukan silaturahmi dan Halalbihalal menyambut Idul Fitri 1444 H di kediaman salah satu komisaris di PT Perkebunan Nusantara IV, Atas Wijayanto, di Kota Medan.

BACA JUGA: Harga Minyak Sawit Kian Jatuh di Bawah RM 3.500/ton

Sofyan menyebutkan saat itu ia tidak sendirian, melainkan didampingi oleh dua petani sawit sekaligus ketua koperasi dari Aceh Tamiang. “Beliau berdua adalah Bapak Khairul Akbar selaku Ketua Koperasi Kopaska dan Pak Matsyah dari Koperasi Sinar Cahaya Aceh Tamiang,” kata Sofyan.

Lebih lanjut Sofyan mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut mencuat Aceh Tamiang dinilai potensial memiliki Pamigo merah karena saat ini saja sudah ada 12 pabrik kelapa sawit (PKS) di daerah tersebut.

BACA JUGA: DirjenBun: Adanya Direktorat Sawit dan Tamanan Palma, Untuk Kelapa Sawit Lebih Baik

Atas Wijayanto, kata Sofyan, juga mengingatkan kalau Aceh Tamiang adalah pelopor industrialisasi dan modernisasi perkebunan kelapa sawit di Indonesia, tepatnya di tahun 1911. “Beliau bilang sangat penting keberadaan satu pabrik minyak makan merah di Aceh Tamiang, dan itu butuh dukungan semua pihak,” kata Sofyan. (T5)

Artikel ini telah tayang di InfoSAWIT Sumatera dengan judul © Berita Sawit – Punya Stok Melimpah, Aceh Tamiang Dinilai Cocok Jadi Lokasi Pamima Merah – InfoSAWIT Sumatera

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com