SMILE Bakal Tingkatkan Kesejahteraan Petani Sawit Swadaya

oleh -4582 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, PEKANBARU – Kegiatan SMILE pada tahun 2023, dilanjutkan melalui kunjungan bersama Apical, Asian Agri dan Kao Corporation ke kebun kelapa sawit KUD Anugrah, di Indragiri, Riau.

SMILE adalah Smallholder Inclusion for Better Livelihood & Empowerment, dalam bahasa Indonesia sebagai Inklusi Petani untuk Kesejahteraan & Pemberdayaan yang Lebih Baik.


Sebagai program inisiatif bersama antara Apical dan Asian Agri, bekerjasama dengan mitra hilir perusahaan, KAO Corporation, yang telah diluncurkan pada Oktober 2020 lalu dan telah mencapai kemajuan pada tahun 2022.

BACA JUGA: Apical Luncurkan Minyakita Kemasan Baru dan Edukasi HET Rp. 14.000,00/ liter

Kegiatan SMILE pada Selasa (9/5/2023), akan melakukan kunjungan ke kebun petani kelapa sawit swadaya KUD Anugrah. Pada kegiatan kali ini, juga melibatkan perwakilan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Rencananya, perwakilan dari Asian Agri, Apical, Kao Corporation dan RSPO akan berdiskusi bersama petani kelapa sawit swadaya KUD Anugrah.

Para pihak yang terlibat, juga akan memberikan pemaparan mengenai pentingnya perkebunan dan petani kelapa sawit berkelanjutan.

BACA JUGA: PT Inti Indosawit Subur (Asian Agri), Peroleh Penghargaan Program Peremajaan Sawit Rakyat dari Kementan

Direktur Grup Apical, Bremen Yong Kin Kong, menjelaskan akan pentingnya peranan kemitraan bersama petani kelapa sawit swadaya supaya dapat melakukan praktek budidaya terbaik dan berkelanjutan.

Upaya keberlanjutan, menurut Bremen, harus dilakukan bersama-sama para pemangku kepentingan bisnis minyak sawit dari hulu hingga hilir.

“Kami berharap, melalui program SMILE, ada perbaikan  praktek budidaya berkelanjutan dan meningkatnya kesejahteraan petani kelapa sawit swadaya yang didapat dari peningkatan produktivitas”, kata Bremen, lebih lanjut, ” Dengan meningkatnya kesejahteraan petani swadaya, jangan sampai merambah kawasan hutan, menjadi kebun kelapa sawit baru. (T1)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com