Pendapatan Cisadane Sawit Raya Kuartal I-2023 Melorot 27,7 Persen  

oleh -3060 Dilihat
infosawit
Dok. CSRA Untuk InfoSAWIT.

InfoSAWIT, JAKARTA – PT Cisadane Sawit Raya Tbk (CSRA) mencatat pendapatan sebesar Rp 184,15 miliar pada 1Q23, turun 27,7% dibandingkan 1Q22. Penurunan penjualan tersebut berasal dari penjualan Tandan Buah Segar (TBS) sawit sebesar Rp 101,48 miliar, penjualan CPO sebesar Rp 73,49 miliar dan penjualan Kernel sebesar Rp 9,18 miliar.

Kondisi ini mendorong laba usaha mencapai Rp 46,7 miliar, atau melorot 25,4%, atau turun 31 basis point dibandingkan 1Q22. Sebab itu perusahaan terusmemantau strategi jangka panjangnya dalam menjaga bisnis yang berkelanjutan melalui penerapan efisiensi  operasional terbaik terbukti bermanfaat. Pergerakan harga CPO cukup terbatas selama tahun berjalan.


Namun, efek positif dari peningkatan produktivitas dan perencanaan yang baik membantu mengimbangi rendahnya ASP dan meningkatkan performa kinerja. “Kedepan, Perseroan telah memperkirakan pertumbuhan produksi yang konsisten seiring dengan profil usia perkebunan yang ideal pada usia produksi yang prima. Perlu diingat bahwa  70% tanaman menghasilkan Perseroan berada dibawah usia 18 tahun,” kata Direktur Keuangan dan Pengembangan Strategis CSRA, Seman Sendjaja, dalam keterangan resmi diperoleh InfoSAWIT, Senin (22/5/2023).

BACA JUGA: Ekspor CPO Mesti Lewat Bursa Berjangka, Bappebti Siapkan Regulasi dan Tata Terbit

Lantas selama 1Q23, produktivitas TBS berada pada 3,9 ton/ha, atau sedikit lebih rendah dibandingkan 1Q22 yang berada pada level 4,2 ton/ha. OER tercatat turun dari 20,4% di 1Q22 menjadi 20,3% di 1Q23 dan KER meningkat dari 5,1% di 1Q22 menjadi 5,2% di 1Q23.

“Produksi diprediksi akan mengalami peningkatan yang signifikan di 3Q23, yang dapat menutupi penurunan produksi di 1Q23 ini. Manajemen berkeyakinan saat  ini  CSRA  tengah  memacu  bisnisnya  dengan  kecepatan  penuh,  sehingga  mampu  mempercepat pencapaian nya untuk sukses,” tandas Seman. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com