Musim Mas Group Lanjutkan Program Kaderisasi Pemberdayaan Petani Perempuan Kelapa Sawit

oleh -2945 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Musim Mas untuk InfoSAWIT/ Musim Mas Group Lanjutkan Program Kaderisasi Pemberdayaan Petani Perempuan Kelapa Sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Musim Mas Group, salah satu perusahaan kelapa sawit terintegrasi, mengawali tahun ini dengan menyelesaikan sesi Training-of-Trainers (ToT) Kader Pelatihan Nutrisi dan Kesehatan – Women Smallholders Program. Program ini dirancang khusus untuk petani perempuan dan istri petani yang telah mengikuti Women Smallholders Program sebelumnya. Mereka dilatih untuk menjadi pelatih di komunitas mereka, sebagai bagian dari upaya Musim Mas untuk meningkatkan taraf hidup petani swadaya kelapa sawit.

Sesi pelatihan yang berlangsung pada 9-11 Januari 2024 di Pekanbaru, Riau, diikuti oleh 30 peserta terpilih dari Kabupaten Pelalawan, Rokan Hilir, dan Rokan Hulu. Seleksi peserta didasarkan pada keaktifan mereka dalam Women Smallholders Program dan komitmen untuk menerapkan pola hidup sehat. Para kader ini nantinya akan memberikan pelatihan kepada petani perempuan dan istri petani dalam asosiasi binaan Musim Mas dan perkumpulan perempuan setempat, dengan pendampingan dari tim lapangan Musim Mas.


Menurut Project Leader Women Smallholders Program – Musim Mas, Linda Wati, peran perempuan di perkebunan, terutama kelapa sawit, memiliki dampak yang signifikan. Mereka tidak hanya bertanggung jawab atas pekerjaan domestik, tetapi juga berperan dalam pengelolaan kebun dan kegiatan sosial di masyarakat.

BACA JUGA: Perusahaan Sawit PT Eterindo Wahanatama Tbk. Ditetapkan Pailit

“Setelah berhasil memberikan pelatihan kepada lebih dari 500 petani perempuan dan istri petani pada tahap awal Women Smallholders Program tahun lalu, kami ingin menjadikan ini sebagai program yang berkelanjutan dan berdampak lebih luas,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Jumat (26/1/2024).

Para kader pelatih yang telah menjalani pelatihan ini merasakan manfaat nyata dari perubahan pola hidup sehat yang mereka terapkan. Ini menjadi motivasi bagi mereka untuk berbagi pengetahuan dengan perempuan lain di komunitas mereka.

Salah satu peserta, Rizka dari Kabupaten Pelalawan mengungkapkan, dirinya ingin menjadi kader pelatih karena peduli pada ibu-ibu lain agar mereka juga bisa menerapkan hidup sehat. “Dengan mengikuti program pelatihan nutrisi dan kesehatan keluarga yang diselenggarakan Musim Mas, saya telah dapat melakukan perubahan yang lebih baik di dalam keluarga,” tutur Rizka.

BACA JUGA: VEGA Indonesia Resmikan Kantor Baru Fokus pada Keberlanjutan, dan Kenyamanan Pelanggan

Program ini mendapat dukungan dari akademisi Universitas Sumatera Utara (USU). Para kader pelatih diberikan pelatihan oleh Dr. Fotarisman Zaluchu, S.K.M, M.P.H, dan Dr. Putri C. Eyanoer, MS.Epi, Ph.D. Mereka juga mendapatkan perlengkapan pendukung pelatihan, seperti alat peraga, permainan, serta modul dan kalender kesehatan.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com