BPDPKS dan Ditjenbun Gandeng IPB Training Gelar Pelatihan Keuangan untuk 58 Petani Sawit di Sumatera Selatan

oleh -1664 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. IPB Training untuk InfoSAWIT/ Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan mengadakan acara 'Pelatihan Manajemen dan Administrasi Keuangan' pada Selasa, (4/6/2024), menggandeng BPDPKS, DitjenBun dan IPB Training.

InfoSAWIT, PALEMBANG – Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan mengadakan acara ‘Pelatihan Manajemen dan Administrasi Keuangan’ pada Selasa, (4/6/2024), yang dibuka oleh Kepala Dinas Perkebunan, Agus Darwa. Dalam sambutannya, Agus menekankan pentingnya manajemen dan administrasi keuangan dalam memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan jangka panjang organisasi serta melindungi kepentingan anggota koperasi.

“Sumatera Selatan memiliki 1,4 juta hektar kebun sawit dan menyumbang 10 persen dari total ekspor nasional yang mencapai 80 persen. Kegiatan ini sangat positif untuk memberikan tambahan pengetahuan bagi petani,” ujar Agus dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT pada Minggu, 9 Juni 2024.


Pelatihan ini menghadirkan empat trainer, yaitu Dwi Rachmina, Netti Tinaprilla, Hastuti, dan Farida Ratna Dewi. Dwi Rachmina, selaku Lead Trainer dan Dosen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB, dalam pembukaan acara menjelaskan bahwa pelatihan ini akan membantu petani dalam mengelola kebun, termasuk dalam hal penggunaan pupuk, tenaga kerja, dan obat-obatan serta memahami keuntungan usaha tani mereka.

BACA JUGA: Varietas Bibit Sawit China itu bernama Re-you 6, Namun Perkebunan Sawit di China Dihadapakan Pada Biaya Tinggi

“Petani tidak hanya harus mengerti soal teknis dalam budidaya, tetapi juga harus paham manajemen dan administrasi keuangan. Dengan demikian, anggota koperasi dapat memahami dan mengaplikasikan manajemen keuangan sehingga organisasinya bisa berkembang,” kata Dwi Rachmina.

Direktur Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian, Hendratmojo Bagus Hudoro, menambahkan bahwa pengurus kelembagaan sawit harus menjalankan kegiatan sesuai prinsip ekonomi dan profesional yang mengacu pada konsep korporasi. “Kelembagaan yang memahami pengelolaan keuangan akan dapat meminimalisir pengeluaran dan memaksimalisasi pendapatan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Hendratmojo mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan di bidang manajemen dan administrasi keuangan. Direktorat Jenderal Perkebunan telah mengalokasikan dana melalui Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) untuk pelatihan ini, yang diikuti oleh 58 peserta selama empat hari, dari 4 hingg 7 Juni 2024 di Emilia Hotel.

BACA JUGA: MRP Papua Selatan Minta Wapres Evaluasi Izin Perkebunan Kelapa Sawit di Papua

“Kami berharap para petani dapat mengikuti pelatihan ini dengan baik, tidak malu bertanya kepada tim trainer, dan menggali sebanyak mungkin ilmu untuk dibawa pulang dan disebarkan kepada anggota yang belum berkesempatan ikut,” kata Hendratmojo Bagus.

Sejalan dengan pernyataan Hendratmojo, Agus Darwa menambahkan bahwa pelatihan ini adalah upaya Pemerintah Sumatera Selatan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan petani sawit mengenai manajemen dan administrasi keuangan. “Kami berharap para petani sawit bisa menyebarkan informasi ini kepada petani lainnya di Sumatera Selatan, sehingga semakin banyak yang menyadari pentingnya kelembagaan yang rapi secara administrasi,” tandas Agus Darwa. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com