27 Petani Sawit Swadaya dari Kabupaten Labuhanbatu Utara Peroleh Pelatihan ISPO Pekebun Diselenggarakan BPDPKS

oleh -4212 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Enviro Institute untuk InfoSAWIT/ Sebanyak 27 petani sawit swadaya dari Kabupaten Labuhanbatu Utara telah menyelesaikan pelatihan sertifikasi ISPO, berlangsung dari 3 hingga 8 Juni 2024 di Hotel Radisson, Medan, Sumatera Utara.

InfoSAWIT, LABURA –  Sebanyak 27 petani sawit swadaya dari Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) telah menyelesaikan pelatihan sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) yang diselenggarakan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). Mereka berkomitmen untuk mendukung dan mempercepat proses sertifikasi ISPO di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Pelatihan ini berlangsung dari 3 hingga 8 Juni 2024 di Hotel Radisson, Medan, Sumatera Utara, dan merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk menerapkan prinsip berkelanjutan dalam industri kelapa sawit nasional.

Pelatihan tersebut mengacu pada Permentan No. 38 Tahun 2020, yang merupakan regulasi terbaru mengenai prinsip berkelanjutan dalam industri kelapa sawit. Sejak dicanangkan pada tahun 2011, ISPO menjadi jawaban atas tuntutan pasar terhadap isu keberlanjutan. Berdasarkan kebijakan ini, seluruh pelaku usaha perkebunan kelapa sawit, termasuk pekebun sawit swadaya, wajib tersertifikasi ISPO paling lambat lima tahun setelah peraturan tersebut dikeluarkan. Tantangan utama dalam pelaksanaan sertifikasi ini adalah minimnya pengetahuan pekebun sawit swadaya mengenai ISPO.


BPDPKS dan Direktorat Jenderal Perkebunan (Dirjenbun) Kementerian Pertanian telah mengambil peran aktif dalam mempercepat sertifikasi ISPO khususnya bagi pekebun sawit swadaya. Melalui program Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDM PKS) 2024, BPDPKS mengadakan pelatihan bagi pekebun sawit swadaya dan penyuluh lapangan dari Dinas Pertanian Kabupaten Asahan. Pelatihan ini dilaksanakan oleh PT. Koompasia Enviro Institute, yang telah berpengalaman dalam mendampingi puluhan ribu pekebun sawit swadaya untuk mendapatkan sertifikasi sawit berkelanjutan.

BACA JUGA: Petani Sawit Mampu Lindungi Hutan Adat dan Desa Seluas 45 Ribu ha

Dalam sambutan online, Kepala Divisi Program Pelayanan BPDPKS, Arfie Thahar, mengungkapkan bahwa BPDPKS bekerjasama dengan Ditjenbun dan 15 lembaga penyelenggara pelatihan menyelenggarakan pelatihan secara serempak di seluruh Indonesia dengan total peserta sebanyak 6.437 orang.

“Salah satu pelatihan yang dilakukan adalah Pelatihan ISPO Pekebun. Dengan adanya pelatihan ini , diharapkan pekebun swadaya lebih memahami dan lebih siap untuk mengikuti sertifikasi ISPO,” katanya dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Selasa (11/6/2024).

Kepala Bidang Perkebunan yang mewakili Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Banua Pane, memberikan pesan kepada peserta untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan semangat. Ia menekankan pentingnya peran peserta sebagai garda terdepan dalam percepatan sertifikasi ISPO di daerah mereka masing-masing.

BACA JUGA: Awal Abad ke-19 Jadi Booming Minyak Sawit

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Labuhanbatu Utara, Sudarija, menyatakan bahwa pelatihan ini sangat berharga mengingat tantangan besar dalam penyelenggaraan sertifikasi ISPO di tingkat pekebun. “Bagi para peserta baik dari unsur Penyuluh lapangan maupun dari pekebun swadaya, manfaatkan dan gali ilmu sebanyak-banyaknya dari pelatihan ini guna menjadi modal kita dalam pendampingan pekebun swadaya demi meraih sertifikasi ISPO Pekebun di daerah,” tutur Sudarija.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com