Rayakan Hari Peduli Sampah Nasional Grup ANJ Lakukan Beragam Kegiatan Lingkungan

oleh -994 Dilihat
infosawit
Dok. ANJ

InfoSAWIT, JAKARTA  – Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang di peringati setiap tanggal 21 Februari, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), melalui dua anakusaha perkebunan kelapa sawit dan agribisninya yakni PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) yang berlokasi di Kabupaten Belitung Timur dan PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) yang berlokasi di Jember, Jawa Timur, menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Pada 17 Februari yang lalu, SMM bersama masyarakat Dusun Liring, Perangkat Desa Renggiang, mengadakan Giat Jumat Sehat yang merupakan kolaborasi antara pemerintah desa, masyarakat, dan SMM yang berupaya berupaya menyadarkan masyarakat sekitar perusahaan tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan menciptakan lingkungan yang asri demi kesehatan bersama. Kegiatan dilakukan di Dusun Liring, Desa Renggiang, Kecamatan Simpang Renggiang, Belitung Timur, seluruh peserta yang dihadir melakukan jalan sehat sekaligus memunguti sampah berserakan  di sepanjang jalan yang dilewati.


Pada Giat Jumat Sehat pun dilakukan kegiatan penghijauan dan penanaman bersama tanaman hias dan pohon hutan di halaman sekitar Padang Lutung milik masyarakat Dusun Liring. Selain itu, semua pihak menggelar aksi kebersihan dengan bergotong royong membersihkan area sekitar.

BACA JUGA: Aprindo Ngadu ke Komisi VI DPR RI,  Uang Selisih Minyak Goreng Sawit Belum Dibayar

“Program kolaborasi seperti ini merupakan langkah yang baik untuk kepentingan bersama. Kami selaku perangkat desa, sekaligus sebagai masyarakat yang berdampingan langsung dengan perusahaan menyambut baik program Giat Jumat Sehat. Selain berkontribusi secara langsung untuk pelestarian lingkungan, kami juga dapat mengenal dan berinteraksi lebih dekat dengan seluruh tim dari SMM, begitu pun sebaliknya.” kata Kepala Desa Renggiang, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT.

Resident Director SMM, Juli Wankara Purba mengatakan, aspek utama dari pendekatan pengembangan bertanggung jawab dari ANJ adalah mengurangi dampak lingkungan operasi kami serta memberi manfaat bagi komunitas melalui upaya kolaboratif yang akan membawa perubahan jangka panjang. Program kolaborasi seperti ini merupakan langkah yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan antara perusahaan, masyarakat, dan lingkungan. “Harapannya, program kolaborasi seperti ini dapat terus berjalan dan berkelanjutan, serta membawa dampak positif bagi seluruh pihak,” kata Juli.

BACA JUGA: Minyak Sawit Dipastikan Aman dan Sehat Dikonsumsi Manusia

Perayaan HPSN tahun ini juga dilaksanakan oleh tim GMIT di Jember, Jawa Timur, dengan melakukan edukasi dan kampanye tentang bahaya sampah plastik, serta mengedukasi penggunaan kantong belanja ramah lingkungan. Pada 20 Februari yang lalu, tim GMIT membagikan kantong belanja yang dapat dipakai berkali-kali (Goodie Bag) kepada masyarakat sekitar dan petani di area lahan tanam edamame GMIT, Desa Wonojati, Kecamatan Ajung. Kegiatan dilakukan untuk mengubah kebiasaan penggunaan kantong belanja berbahan plastik, khususnya mengajak para masyarakat sekitar dan petani setempat untuk mengurangi penggunaan kantong sekali pakai. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com