Berikut Mengenal Aset Paling Bernilai di Perkebunan Kelapa Sawit

oleh -42484 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/foto: AcengSofian

InfoSAWIT, JAKARTA – Perkebunan kelapa sawit adalah sektor usaha yang menjanjikan untuk masa kini dan masa yang akan datang. khusus di indonesia tutupan areal perkebunan kelapa sawit telah mencapai 16,38 juta ha. lantas, aset apa saja sejatinya yang bernilai di perkebunan kelapa sawit?

Sudah bukan menjadi rahasia umum, bahwa komoditas kelapa sawit telah menjadi sumber bahan baku bagi banyak industri, baik itu industri makanan dan minuman, industri kosmetik, obat-obatan dan industri mesin-mesin serta transportasi darat, bahkan sekarang sudah mulai menjadi bagian yang dibutuhkan industri penerbangan, lantaran minyak sawit bisa diproses lebih lanjut untuk dijadikan Avtur sebagai bahan bakar pesawat terbang.


Di dalam mengelola perkebunan kelapa sawit tentunya saja ada hal-hal yang bernilai, lantaran bila asset yang mempunyai nilai tinggi tidak menjadi perhatian dan diabaikan, maka dipastikan perusahaan perkebunan kelapa sawit tersebut akan tidak bisa mencapai sukses dan memiliki keuntungan tinggi.

BACA JUGA: Berikut Cara Menggenjot Produktivitas Sawit Melalui Efisiensi

Lantas apa sajakah aset di perkebunan kelapa sawit yang memiliki niai tinggi tersebut? Berikut pembahasannya.

Pohon Kelapa Sawit

Pohon Kelapa sawit merupakan aset utama yang menentukan apakah perusahaan bisa memperoleh keuntungan tinggi, menjadi First Class Plantation, atau hanya akan menjadi perkebunan yang tidak bisa berkembang dengan kondisi seadanya saja.

Untuk itu pokok kelapa sawit harus diperhatikan mulai dari bibitan “Karena Semua Berawal  Disini”.

Pemakaian bibit unggul dengan produksi tonase dan Oil Extraxtion Rate (OER) yang tinggi merupakan keharusan sehingga mampu mencapai produktivitas minyak sawit (CPO) 7,5 ton/ha/tahun. Hasil ini berasal dari produktivitas Tandan Buah Segar (TBS) sawit yang mampu berproduksi 30 ton TBS dengan OER 25%. Dengan kata lain bisa memberikan penghasilan sekitar Rp. 6 Juta per ha, sementara ongkos produksi diperkirakan sekitar Rp. 1,3 juta/Ha. 

BACA JUGA: Disiplin, Jadi Salah Satu Faktor Penentu Berhasilnya Cara Kerja Planter

Pohon kelapa sawit adalah merupaka pencetak dolar bagi perusahaan, sebab itu mesti dipelihara agar tidak terserang hama penyakit, mempunyai umur yang panjang hingga mencapai 25 tahun, terpelihara dengan standar tehnis kebun yang tepat dengan jumlah per hectare (ha) yang tinggi (standar > 136 pokok/Ha pokok muda dan remaja, serta sebanyak 120 pokok/Ha untuk tanaman tua).

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com