Menteri Pertanian Amran Sulaiman Ajak Asosiasi Petani Sawit Bersatu untuk Kemajuan Industri

oleh -1568 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/Foto: Afrinaldi Zulhen/Lanskap Kebun Sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Menteri Pertanian Republik Indonesia, Amran Sulaiman, turut hadir dalam acara Pengukuhan Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR (ASPEKPIR) Indonesia, Pada tanggal 19 Desember 2023.  Acara tersebut, yang diselenggarakan di Gedung Kementan, juga melibatkan Focus Group Discussion (FGD) tentang Percepatan Program Sosial Responsibilitas (PSR), Sumberdaya Prasarana (SARPRAS), dan Program Tanaman Tumpang Sari di areal perkebunan kelapa sawit PIR.

Narasumber dalam FGD berasal dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Direktorat Jenderal Perkebunan, Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), dan ASPEKPIR Indonesia.


Dalam arahannya, Mentan Amran memberikan pesan penting kepada ASPEKPIR Indonesia, yakni untuk menggandeng asosiasi-asosiasi kelapa sawit lainnya guna bersatu demi membangun kemajuan industri kelapa sawit di Indonesia. Amran Sulaiman menyampaikan keyakinannya bahwa kesatuan dan kerjasama antar-asosiasi dapat menjadi kunci keberhasilan dalam menghadapi berbagai tantangan.

BACA JUGA: Menteri Pertanian RI Dorong Pengembangan Sawit dan Hilirisasi, Perkuat Posisi Industri Sawit

“Kami ingin mempersatukan ini, harus bisa, pertama tampil jadi teladan, tampil lebih baik, sehingga kita bisa bertahan, pasti bisa,” ungkap Mentan Amran kepada InfoSAWIT, Selasa (19/12/2023) di Jakarta.

Ia juga menekankan pentingnya pembangunan yang berkelanjutan di sektor kelapa sawit. Program tersebut tidak hanya diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan produksi kelapa sawit dalam negeri, tetapi juga untuk mendorong akselerasi pada aspek hilirisasi dan tata kelola sawit secara berkelanjutan.

“Jika program kita dilanjutkan, negara ini sudah ekspor, pasti sudah swasembada, Indonesia itu kaya akan gagasan, jadi yang diperlukan itu gagasan, action, konsisten, kemudian menjadi karakter,” tegas Mentan Amran.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN Naik 0,68 Persen Pada Selasa (19/12), Belawan Masih Tak Ada Kabar

Sebagai catatan, ASPEKPIR Indonesia telah melaksanakan Musyawarah Nasional (MUNAS) I di Pekanbaru, Riau, pada 6 November 2023, yang menghasilkan pemilihan Setiyono sebagai Ketua Umum ASPEKPIR Indonesia untuk periode 2023-2028. Kepemimpinan baru ini diharapkan dapat membawa ASPEKPIR Indonesia menuju langkah-langkah strategis dalam mendukung industri kelapa sawit di Tanah Air. (T3)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com