DirjenBun: Kehadiran BPDPKS Mesti Selalu Berarti Bagi Pekebun Kelapa Sawit

oleh -1799 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/ DirjenBun Sebut Kehadiran BPDPKS Mesti Selalu Berarti Bagi Pekebun Kelapa Sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan, Andi Nur Alam Syah, menghadiri acara Refleksi Sembilan Tahun Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) pada Senin (10/6/2024) lalu di Jakarta. Dalam acara tersebut, Dirjen Perkebunan mengajak semua pihak untuk menjadikan momentum ini sebagai pemicu semangat dan kolaborasi demi masa depan perkelapasawitan Indonesia yang lebih baik.

“Selamat ulang tahun yang ke-9 untuk BPDPKS. Semoga semakin maju dan bisa melayani para pekebun kita dengan lebih baik. Program-program yang menjadi tanggung jawab BPDPKS harus dijalankan dengan baik, sehingga kelapa sawit tetap menjadi masa depan bagi bangsa Indonesia, dan kehadiran BPDPKS selalu berarti bagi pekebun kelapa sawit kita,” ujarnya dikutip InfoSAWIT dari laman resmi DitjenBun ditulis Senin (18/6/2024).


Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama BPDPKS, Eddy Abdurrachman, menekankan pentingnya peningkatan kinerja, tata kelola, dan penguatan sumber daya manusia di sektor kelapa sawit. Menurutnya, kondisi saat ini menunjukkan adanya peningkatan permintaan dalam negeri terhadap produk kelapa sawit, terutama untuk memenuhi kebutuhan biofuel atau biodiesel.

BACA JUGA: Potensi Perkebunan Sawit di Desa Basirih Hulu Terkendala Status Kawasan Sandang Pangan

“BPDPKS ditugaskan untuk mendanai perkebunan sawit rakyat, khususnya yang sudah waktunya dilakukan replanting. Selain itu, kami juga berkolaborasi dengan pemerintah, termasuk Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan, serta universitas dan pihak terkait lainnya. Program beasiswa dan berbagai pelatihan yang kami adakan diharapkan dapat bermanfaat bagi pekebun dalam mengelola kebunnya dengan baik serta memenuhi kebutuhan biofuel maupun biodiesel,” jelas Eddy.

Eddy menambahkan bahwa hilirisasi kelapa sawit harus terus dikembangkan dan ditingkatkan. “Jadi, bukan hanya CPO saja yang diekspor, tapi juga produk turunan lainnya,” katanya.

BACA JUGA: Kemitraan Petani sawit-PKS: Dilema Penetapan Harga TBS Sawit Petani Swadaya

Evita Legowo, Ketua Dewan Pengawas BPDPKS, juga menyoroti pentingnya biodiesel dalam mengurangi impor solar dan memberikan solusi bahan bakar yang lebih bersih. “Butuh sinergi bersama, baik dari sisi pemerintah, pekebun, industri, maupun swasta. Hal ini perlu dilakukan secara bersama-sama oleh semua pihak terkait. Sesuai dengan tugas dan fungsi kami, kami berupaya membantu mengawasi pengelolaan dan organisasi agar pelaksanaan program berjalan sesuai dengan tugas BPDPKS, sehingga memperlancar tugas kami dalam memberikan manfaat bagi insan perkelapasawitan dan bangsa Indonesia,” tuturnya. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com