Perusahaan Sawit GSB Lakukan Pelatihan Penanggulangan Karhutla Serta Bentuk KTPA

oleh -1559 Dilihat
infosawit
Dok. PT GSB

InfoSAWIT, EMPAT LAWANGPT Galempa Sejahtera Bersama (GSB), anak perusahaan PT Austindo Nusantara Jaya Tbk yang berlokasi di Empat Lawang, Sumatera Selatan melaksanakan pelatihan pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bekerja sama dengan Tim Manggala Agni Sumatera Selatan Daop Lahat pada tanggal 14-15 Maret 2023.

Kegiatan pelatihan pengendalian Karhutla ini, menjadi salah satu upayanya dalam melakukan pelatihan kepada staf dan karyawan Regu Tanggap Darurat, serta membentuk Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) yang memberikan edukasi tentang pengendalian Karhutla.


Dalam sambutannya, Estate Manager GSB, Parlin A Siregar mengungkapak, pelatihan bersertifikasi ini sangat penting bagi peningkatan kemahiran regu penanggulangan kebakaran yang telah disiapkan perusahaan. Selain itu, diharapkan staf yang ditunjuk agar lebih memahami risiko bahaya kebakaran di lokasi kerjanya masing-masing, sehingga terwujudnya sumber daya yang kompeten dalam pencegahan dan pengendalian Karhutla.

BACA JUGA: Polsek Ulu Musi Mediasi PT GSB dan Warga Desa Simpang Perigi

“Merupakan suatu kehormatan bagi GSB dan sebagai bentuk kolaborasi dari berbagai pihak dalam upaya mendukung penanggulangan bencana Karhutla di Empat Lawang. Kami berharap dengan pelatihan ini, staf GSB dan KTPA yang sudah dilatih dapat secara aktif ikut dalam mensosialisasikan kepada masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan Karhutla,” kata Parlin dalam keterangannya kepada InfoSAWIT, Senin (20/3/20230).

Kata Parlin, dalam mencegah Karhutla, pihak GSB telah memasang papan imbauan di tempat umum atau titik strategis yang sering dilalui masyarakat. Perusahaan juga meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait dalam penanganan dan antisipasi Karhutla.

BACA JUGA: Pemerintah Indonesia Bakal Miliki Perusahaan Sawit Terbesar di Dunia

“Termasuk melakukan deteksi dini dan pemantauan intensif terhadap titik dalam area konsesi yang berpotensi atau rawan Karhutla baik melalui patroli lapangan maupun melalui sistem pemantauan satelit,” tandas Parlin. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com