Masih Muda Perempuan Ini Mau Bekerja di Koperasi Sawit

oleh -8185 Dilihat
infosawit
Dok. Fortasbi/Sekretaris ICS Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM), Putri.

InfoSAWIT, PANGKALANBUN – Perempuan muda asal Bandung itu selepas lulus Sekolah Menengah Atas (SMA) memutuskan untuk langsung bekerja di koperasi bersertifikat RSPO, Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri (APKSM) yang berlokasi di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Saat ini genap dua tahun Putri, begitu ia akrab disapa, bekerja di koperasi yang anggotanya mayoritas petani kelapa sawit swadaya. Diakui Putri, sebelumnya ada perasaan segan untuk bekerja di koperasi, terlebih karena usianya yang masih muda dan baru saja lulus SMA.


“Lama kelamaan saya nyaman dengan pekerjaan saya di koperasi, karena memang pekerjaan ini tidak begitu menekan, dan sangat banyak pengalaman,” kata perempuan berhijab itu dikutip InfoSAWIT dari laman Fortasbi, Senin (12/6/2023).

BACA JUGA: Manager ICS Koperasi Sawit Seorang Perempuan, Siapa Takuuut..

Kata Putri, perempuan perlu memiliki kesempatan besar untuk meraih apa yang mereka cita-citakan. Bahkan di tempatnya bekerja, APKSM juga mendukung keterlibatan perempuan dalam segala aktivitas.

Kesetaraan perempuan, menurut Putri, merupakan hak untuk mendapatkan kesempatan kerja, mulai dari kesetaraan jabatan, gaji yang sesuai, tidak mendapatkan diskriminasi, pelecehan hingga kekerasan seksual. Ia juga menggarisbawahi hak perempuan lain di antaranya seperti cuti dan/atau izin khusus haid, melahirkan, keguguran, dan menyusui.

BACA JUGA: EUDR Akan Membuat Petani Sawit Terlempar Jauh dari Skema Perdagangan EU

Meski bekerja di industri sawit yang dianggap sebagian orang merupakan pekerjaan maskulin, tetapi Putri berpendapat peran perempuan untuk terlibat aktif juga sangat penting. “Seperti perempuan yang ada di Asosiasi Petani Kelapa Sawit Mandiri ini, sudah ada 135 petani perempuan yang terdaftar, APKSM juga menyiapkan program pembuatan sapu lidi dari pelepah sawit yang dikerjakan oleh petani perempuan,” tandas Putri. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com