Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Naik 0,81 Persen pada Kamis (19/10)

oleh -2345 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa/Bursa Malaysia Derivatives.

InfoSAWIT, JAKARTA – Harga kontrak minyak sawit mentah di Bursa Malaysia naik untuk sesi kedua pada Kamis (19/10/2023), mencapai level tertinggi dalam tiga minggu terakhir, didukung oleh kenaikan harga minyak nabati lainnya.

Dilansir Reuters, harga kontrak acuan minyak sawit berkode FCPOc3 untuk pengiriman Januari 2024 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik RM 31 per ton atau terdapat kenaikan sekitar 0,81%, menjadi RM 3,841 (US$ 806,93) per metrik ton di awal perdagangan.


Merujuk laporan AmSpec Agri Malaysi, mencatat ekspor produk minyak sawit Malaysia pada periode 1-15 Oktober naik 5,6% dari bulan sebelumnya, Sementara laporan Intertek Testing Services, mencatat ekspor naik sekitar 7,3%. Serta  merujuk Surveyor kargo Societe Generale de Surveillance (SGS) memperkirakan ekspor produk minyak sawit Malaysia untuk 1-15 Oktober sebesar 665.876 metrik ton.

BACA JUGA: Genjot Produksi CPO, Holding Perkebunan Kembangkan Sistem Sensorik

Untuk November 2023, pemerintah Malaysia telah menetapkan pajak ekspor minyak sawit mentah sebesar 8% dan menurunkan harga referensi, sesuai keterangan resmi dari Malaysian Palm Oil Bord (MPOB).

Masih dilansir Reuters, harga kontrak minyak kedelai di Bursa Dalian berkode DBYcv1 tercatat turun 0,15%, sementara harga kontrak minyak sawit berkode DCPcv1 naik 0,41%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade BOc2 naik 0,15%.

BACA JUGA: Tiga Faktor Bakal Pengaruhi Harga CPO di Oktober 2023  

Minyak kelapa sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak nabati lain, lantaran mereka bersaing mendapatkan pangsa pasar minyak nabati global. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com