Inovasi Sederhana di Kebun Sawit, Menggenjot Efisiensi Mendukung Laba Tinggi

oleh -3546 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Sawit Fest 2021/foto: Bernadus Ritchard/Ilustrasi perkebunan sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA –  Kreativitas secara nyata sangat dibutuhkan untuk menyikapi perubahan, meningkatkan efisiensi dan produktivitas yang berkelanjutan. Dengan kreativitas, seseorang akan selalu berusaha berimprovisasi dan berinovasi. 

Sayangnya masih banyak orang  yang berfikir improvisasi dan inovasi itu harus selalu sesuatu yang bersifat “wah”. Lebih sayangnya lagi adakalanya banyak pihak akan lebih melihat kelemahan dari suatu improvisasi/inovasi, ketimbang mencoba menerapkannya dengan baik dan benar.


Beberapa perusahaan kerap kali memberikan reward kepada karyawan yang berimprovisasi/berinovasi melalui program “continuously improvement”. Tetapi pada dasarnya bukan reward yang terpenting dalam melakukan berimprovisasi, melainkan berbagi dengan tulus untuk Kebaikan.

BACA JUGA: Hadapi Cuaca Ekstrim, Berikut Kegiatan Agronomis Sawit yang Perlu Dihindari

Melalui tulisan singkat ini penulis hendak berbagi “bagaimana berimprovisasi dan berinovasi” dengan metode SCAMPER, metode yang penulis dapatkan ketika menimba ilmu di Prasetiya Mulya beberapa waktu yang lalu.

SCAMPER berupa singkatan dari: 

S = substitute

C = combine

A = adaption

M = modify

P = put……

E = eli….

R = re-arrange atau re-use

Pada tulian ini melanjutkan tulisan sebelumnya yang berjudul: Inovasi di Perkebunan Kelapa Sawit, Tak Perlu Wah Tapi Produksi Melimpah.

Saat ini penulis akan di mulai dengan pembahasan Adaptation.

Adaption adalah berusaha memikirkan dan melakukan adaptasi ide-ide untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan sebuah proses.

BACA JUGA: Menakar Aspek Non Agronomi dan Agronomi Dalam Mendongkrak Produktivitas Kelapa Sawit

Kali ini kami memberikan contoh sederhana dalam proses menghaluskan sample daun yang telah dikeringkan (oven) sebelum dikirim ke Lab untuk analisa kandungan hara dalam rangka pembuatan rekomendasi pupuk.

Para planters dan agronomist sudah memahami betul bahwa pupuk dan pemupukan merupakan kompenen biaya yang terbesar dalam perawatan tanaman kelapa sawit. Rekomendasi pemupukan dihasilkan dari beberapa proses. Salah satu proses adalah LSU.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com