Pemprov Kalsel Luncurkan Program Tumpang Sari Sawit – Padi Guna Tingkatkan Ketahanan Pangan

oleh -890 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Sawit Fest 2021/Foto: Domi Yanto/Lanskap Perkebunan kelapa sawit.

InfoSAWIT, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah mengambil langkah berani dalam meningkatkan ketahanan pangan di daerah tersebut. Melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Provinsi Kalimantan Selatan, Pemprov Kalsel telah meluncurkan program penanaman perdana peremajaan sawit rakyat jalur kemitraan dan tumpang sari padi gogo. Peluncuran program ini menandai Kalsel sebagai daerah pertama di Kalimantan yang menjalankan program ini, dengan kegiatan kick off dilaksanakan di Kotabaru pada Rabu (24/4/2024).

Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Agus Dyan Nur, yang mewakili Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor menyatakan, bahwa program tumpang sari kebun sawit dengan padi ini merupakan sebuah terobosan yang sangat baik. Program ini tidak hanya menjadi solusi inovatif dalam menjawab tantangan zaman, tetapi juga menjawab kebutuhan primer masyarakat Kalsel, terutama kebutuhan akan beras.


Pemprov Kalsel menyambut baik dan mengapresiasi program tanam tumpang sari ini yang diinisiasi oleh GAPKI. Langkah ini menunjukkan komitmen dan kolaborasi nyata dari semua pihak untuk menjaga ketahanan pangan, terutama pasokan beras yang saat ini menjadi perhatian bersama.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN Inacom Turun 0,31 Persen Pada Rabu (24/4), Begitupun di Bursa Malaysia

“Program tumpang sari kebun sawit dengan padi ini merupakan sebuah terobosan yang sangat baik, sekaligus juga dapat menjadi inovasi dalam menjawab tantangan zaman,” ujar Agus Dyan dilansir InfoSAWIT dari laman resmi Pemprov Kalsel, ditulis Kamis (25/4/2024).

Tidak hanya itu, Kalsel juga berperan sebagai salah satu daerah penyangga pangan nasional dan telah mendeklarasikan diri sebagai Gerbang IKN. Sebagai bagian dari komitmen tersebut, Kalsel harus siap menjadi daerah pendukung dan penyangga IKN. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com