Planter Sawit yang Profesional dan Berintegritas

oleh -10573 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Pribadi untuk InfoSAWIT/Maruli Pardamean, Praktisi dan Penulis Buku Kelapa Sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Dilansir dari siaran pers Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia tanggal 22 April 2021 silam, kelapa sawit merupakan salah satu komoditas perkebunan yang memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Sebagai penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, industri kelapa sawit telah menyediakan lapangan pekerjaan sebesar 16 juta tenaga kerja baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kemajuan kelapa sawit yang pesat itu tidak terlepas dari peranan para planter yang terlibat langsung di dalamnya.


Tugas dan tanggung jawab planter sangat besar. Misalnya,  asisten afdeling bertanggungjawab mengelola  SDM (Sumber Daya manusia), aset/aktiva (alat berat, kendaraan, bangunan, jalan, dan lainnya) dan kelancaran  operasional kebun (merencanakan, melaksanakan, mengarahkan, dan mengawasi kegiatan) yang luasannya sekitar 500 -700 ha.

BACA JUGA: Karantina Sumsel Evaluasi Instalasi Karantina Tumbuhan untuk Ekspor Palm Kernel Expeller ke New Zealand

Sebagian planter berhasil meniti ke jenjang karir yang lebih tinggi, mulai dari level mandor atau Management Trainee ⇒ Asisten Afdeling ⇒ Askep/Asisten Kepala ⇒ Manager Kebun/Estate Manager ⇒ General Manager. Tidak jarang seorang planter menduduki posisi direktur (direktur operasional, agronomi, tanaman, dan lain-lain),  bahkan mencapai posisi puncak  seperti CEO atau direktur utama.

Tapi tak jarang juga , jenjang karier seorang planter terhenti, berhenti disalah satu tingkatan.  karena melakukan perbuatan tercela misalnya tersandung kasus korupsi.

Setiap planter harus dibekali dengan kemampuan teknis pekerjaan (hardskill). Kemampuan pengetahuan dan ketrampilan untuk mengerjakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan perusahaan.

BACA JUGA: Karantina Sumsel Evaluasi Instalasi Karantina Tumbuhan untuk Ekspor Palm Kernel Expeller ke New Zealand

Namun tidak cukup dari itu saja seorang planter juga dan harus menjadi seorang yang serba bisa, dalam arti kata seorang  asisten juga bertanggungjawab untuk membina hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar kebun dan aparat desa. Seorang planter  dituntut untuk mengelola berbagai permasalahan seperti permasalahan sosial, hukum, budaya, lingkungan dan lain.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com