SPKS Dorong Minyak Sawit Berkelanjutan Menjadi Komoditas Global

oleh -930 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. InfoSAWIT/ Ketua Umum Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), Sabarudin.

InfoSAWIT, JAKARTA – Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) bersama organisasi masyarakat sipil lainnya, mendorong komoditas berkelanjutan sebagai pilihan bagi konsumen. Dimana, keberadaan minyak sawit berkelanjutan sebagai bagian dari komoditas berkelanjutan yang tidak melakukan praktik deforestasi atau perusakan hutan.

Pentingnya menjaga kelestarian alam dan keberlanjutan hutan di sekitar perkebunan kelapa sawit, menjadi bagian dari praktik budidaya terbaik dan berkelanjutan yang selalu disuarakan SPKS. Pasalnya, keberadaan perkebunan kelapa sawit milik petani dikelola secara berkelanjutan dengan menjaga kearifan sosial dan kelestarian lingkungan alam sekitarnya.


“Anggota SPKS selalu didorong melakukan praktik budidaya terbaik dan berkelanjutan dalam membangun kebun sawitnya”, kata Ketua Umum SPKS, Sabarudin dalam keterangannya kepada InfoSAWIT, Selasa (25/6/2024).

BACA JUGA: Triputra Agro dan Aisin Takaoka Bentuk Perusahaan Patungan Untuk Produksi Biokokas Berbasis Cangkang Sawit 

Kendati masih ada kekurangan, namun seluruh anggota SPKS berkomitmen penuh melakukan pembangunan kebun sawit berkelanjutan. Dimana, keberadaan pedoman praktik budidaya bebas deforestasi, juga menjadi bagian didalamnya. Lantaran, petani anggota SPKS, juga terlibat aktif mendorong percepatan sertifikasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) yang mandatori bagi petani kecil di Indonesia.

“Petani kecil kerap disalahkan atas terjadinya deforestasi di Indonesia dan kemudian tersisih dari pasar. Namun, kolaborasi kami dengan petani kecil membuktikan bahwa mereka bisa melakukan praktik bebas-deforestasi. Kami berharap dengan pedoman ini para petani kecil mendapat akses yang lebih adil terhadap pasar. Mereka juga akan bisa membantu pemerintah mewujudkan komitmen mengurangi deforestasi,” kata Sabarudin menjelaskan.

Dukungan kepada Pemerintah juga selalu disuarakan SPKS guna memperkuat kemitraan petani, pengorganisasian petani, perbaikan sarana dan prasarana serta perbaikan praktik budidaya kelapa sawit berkelanjutan. Tentunya, keberadaan SPKS sebagai organisasi petani, akan selalu terlibat aktif bersama anggota menjaga kelestarian akan dan kesejahteraan sosial masyarakatnya.

BACA JUGA: 36 Peserta dari 17 Negara Turut Serta Pelatihan Kapasitas Pengelolaan Kelapa Sawit Berkelanjutan

“SPKS mengajak seluruh masyarakat perkebunan kelapa sawit untuk selalu melestarikan alam sekitarnya dan menjaga keberlangsungan hutan bagi generasi di masa depan”, ujar Sabarudin.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com