Setelah Peroleh Sertifikat RSPO, Kopbun Belayan Sejahtera Pun Target Sertifikasi Lainnya dan Tambah Anggota

oleh -2255 Dilihat
infosawit
Dok. Fortasbi

InfoSAWIT, KUKAR – Belum lama ini Koperasi Perkebunan Belayan Sejahtera menerima penyerahan Sertifikat Roudtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) tepatnya pada 7 Maret 2023 lalu. Seremoni penyerahan dilakukan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Kukar, Pak Sunggono.

Dalam acara penyerahan sertifikat tersebut, turut hadir Kedutaan Besar dan perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup Norwegia. Selain itu, terdapat juga para dewan dari Program Dana Cerdas Iklim (Climate Smart Fund) bersama dengan CEO Abler Nordic, CEO PT PlanB dan Presiden Direktur PT Rea Kaltim Plantations.

Group Manager Kopbun Belayan Sejahtera, Jamal mengungkapkan, saat ini Kopbun Belayan Sejahtera memiliki 1.026 anggota bersertifikat dengan luas 3.227 hektare (Ha), namun kedepan pihak Koperasi berencana melakukan penambahan anggota minimal 300 orang petani dan luas lahan 1.200 hektare.

BACA JUGA: Pengelolaan Sawit Rakyat di Lahan Gambut Peroleh Pujian Perwakilan Packard Foundation

“tahun-tahun berikutnya target kami adalah seluruh petani sawit swadaya di dataran Belayan, yang luasannya tidak kurang dari 11 ribu hektare,” katanya seperti dikutip InfoSAWIT dalam laman resmi Fortasbi, Kamis (25/5/2023).

Rupanya koperasi yang berlokasi di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ini juga akan mendorong penerapan sertifikasi Indonesian Sustainable Plam Oil (ISPO) yang memang sudah ditetapkan pemerintah menjadi mandatori, dan mempertimbangkan untuk masuk skema sertifikasi lainnya.

BACA JUGA:  Disbun Kaltim Dorong Perkebunan Sawit Rakyat Adopsi ISPO

“Kami juga akan mempertimbangkan untuk ikut dalam Sertifikasi ISCC, dimana belum ada petani sawit swadaya di dunia dan Indonesia yang melakukan sertifikasi tersebut setelah KUD Makarti di Jambi. Kami akan jadi yang pertama di Kaltim yang melaksanakan ISCC jika itu berhasil,” tandas Jamal. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com