RSPO dan Solidaridad Amerika Latin Menandatangani Deklarasi untuk Dukung Minyak Sawit Berkelanjutan

oleh -3781 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. RSPO/ RSPO dan Solidaridad Amerika Latin Menandatangani Deklarasi untuk Dukung Minyak Sawit Berkelanjutan.

InfoSAWIT, JAKARTA – Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dan Solidaridad Amerika Latin telah bersatu dalam deklarasi bersama untuk mendukung industri minyak sawit yang berkelanjutan dan inklusif di Amerika Latin. Langkah ini memperkuat upaya mereka dalam mengangkat petani kecil menuju keberlanjutan dan sertifikasi, menjadikan wilayah ini sebagai pusat perhatian dalam konservasi sumber daya alam dan kesejahteraan masyarakat.

Deklarasi ini, ditandatangani pada 27 Oktober 2023 lalu, menggabungkan pengalaman RSPO yang telah lebih dari 50 tahun dalam mengembangkan rantai nilai yang inklusif dan berkelanjutan dengan program Solidaridad di Amerika Latin. Solidaridad telah menyatukan upaya enam negara di wilayah ini – Kolombia, Guatemala, Honduras, Meksiko, Nikaragua, dan Peru – untuk mengkonsolidasikan produksi minyak sawit dengan konservasi lingkungan dan kesejahteraan sosial.


Dilansir InfoSAWIT dari laman resmi RSPO, kemitraan ini bertujuan guna menerapkan perangkat digital seragam di seluruh wilayah untuk mencapai sertifikasi Petani Swadaya RSPO. Lantas, Memperkuat pertumbuhan Akademi Pelatih Petani Kecil RSPO di Amerika Latin. Mendukung strategi terbaik setiap negara dalam memajukan praktik berkelanjutan dan sertifikasi RSPO. Mempromosikan kepatuhan terhadap undang-undang Uni Eropa. Serta Memperkuat posisi Amerika Latin sebagai pemimpin dalam mendukung petani kecil sesuai dengan pedoman keberlanjutan nasional dan internasional.

BACA JUGA: 

Deklarasi ini juga bertujuan untuk menyatukan strategi RSPO dan Solidaridad di wilayah Amerika Latin, berbagi pengetahuan, pengalaman, dan kisah sukses di sektor ini. Dalam komentar mereka, Camilo Santos dari RSPO dan Jorge Solano dari Solidaridad menyatakan komitmen mereka untuk mendukung industri minyak sawit berkelanjutan di Amerika Latin.

Dengan tercapainya langkah-langkah ini, diharapkan lebih dari 1,300 petani kecil di lahan seluas 14,600 hektar akan diberdayakan menuju keberlanjutan dan sertifikasi. Deklarasi ini juga menandai pertumbuhan signifikan dalam sertifikasi RSPO di Amerika Latin, yang kini menjadi wilayah dengan tingkat sertifikasi tertinggi di antara kawasan penghasil minyak sawit. Saat ini, Amerika Latin telah menghasilkan dua juta ton minyak sawit berkelanjutan bersertifikat, mewakili sepertiga dari total produksi minyak sawit di wilayah tersebut. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com