Ombudsman RI bersama KLHK Bahas Langkah Pencegahan Mal-Administrasi di Sawit

oleh -2298 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/ Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan pertemuan dengan Ombudsman RI membahas langkah pencegahan mal-administrasi di industri sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengadakan pertemuan dengan Ombudsman RI untuk membahas langkah-langkah pencegahan mal-administrasi dalam pengelolaan industri kelapa sawit. Pertemuan ini merupakan bagian dari Kajian Sistemik yang bertujuan untuk meningkatkan tata kelola yang lebih baik.

Menteri KLHK, Siti Nurbaya, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif Ombudsman RI dalam hal ini. Langkah ini juga sejalan dengan pembentukan Satuan Tugas Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit oleh Presiden Jokowi, seperti yang tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2023.

“Presiden Jokowi membentuk Satuan Tugas Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit dan Optimalisasi Penerimaan Negara sebagaimana dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 9 Tahun 2023,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya dalam keterangan resmi diperoleh InfoSAWIT ditulis Kamis (11/7/2024).

BACA JUGA: 

Sementara, menurut Anggota Ombudsman RI bidang Pengawasan Pelayanan Publik di Bidang Perekonomian, Yeka Hendra Fatika, menyatakan pertemuan ini bertujuan untuk koordinasi dan komunikasi awal guna memastikan kelancaran proses permintaan keterangan dan pemeriksaan lapangan di masa mendatang. Fokusnya adalah pada pencegahan mal-administrasi, dengan menguji potensi masalah tersebut dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Kajian sistemik yang dilakukan juga melibatkan berbagai pihak terkait seperti Badan Pengelola Dana Perkebunan Sawit (BPDPKS), Kementerian Pertanian, Kementerian ATR/BPN, dan Kementerian ESDM. Salah satu aspek yang ditekankan adalah inventarisasi dan penyelesaian tumpang tindih lahan antara perkebunan sawit dan kawasan hutan. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com