Tjiung Wanara Nyoman: Jangan Sendirian Kalau Mau Maju

oleh -8620 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, JAKARTA – Dalam diri seseorang yang berpikiran “merdeka”, biasanya dia senantiasa mengumbar rasa ketidakpuasan. Dengan tidak puas, seseorang akan mencari hal-hal baru yang berbeda dari sebelumnya. Begitu pula dengan Tjiung Wanara Nyoman pendiri PT. Unggul Widya Teknologi Lestari.

Semasa muda, Ia tidak puas dengan metode perkuliahan yang dirasa membelenggu daya kreativitas, akhirnya memilih untuk mengundurkan diri (drop out) dari perkuliahan yang baru dijalaninya selama 1 semester.


Maklum, sejak kecil pria yang akrab disapa Nyoman ini terbiasa dengan otodidak dan kemandirian. Dia memendam rasa ingin tahu yang besar, itu klop dengan hobinya membaca buku, sehingga berbagai jenis buku sempat dibacanya.

BACA JUGA: Mengembalikan Kejayaan PTPN di Sektor Hilir Sawit

Nyoman yang lahir dan besar di Medan, Sumatera Utara, sudah terbiasa dengan aneka cobaan hidup sehingga kelak membuatnya semakin kuat dan tegar. Semasa kecil, dia sudah membantu menjalankan usaha orang tuanya. Nah, berbekal pengalaman bisnis, anak ketiga dari 12 bersaudara itu kemudian kerap menggabungkan pengalaman tersebut dengan teori dari buku bacaan. “Misalkan untuk operasi mesin, ada manual book yang bisa dipelajari,” ujar Nyoman dalam perbincangan dengan InfoSAWIT seperti dikutip dari Edisi Mei 2011.

Perkenalan Nyoman dengan bisnis kelapa sawit berlangsung tahun 1969, semasa dia membantu orang tuanya menyuplai barang-barang tehnik kebutuhan Perusahaan Perkebunan Negara Aneka Tanaman II (PPN ANTAN II), kini PT. Perkebunan Nusantara (PTPN IV). Dua tahun berselang, Nyoman pindah ke Jakarta bersama saudaranya menjalankan usaha kontraktor pembangunan pabrik plywood, seng, textile dan lain sebagainya.

Tahun 1983, ketika memenangi sebuah tender proyek besar sebagai subkontraktor, Nyoman berkenalan dengan Brahmana, seorang pejabat administratur PTPN VI unit kebun kelapa sawit Ophir, Pasaman, Sumatera Barat, Direktur Utama PTPN VI ketika tu adalah Ir. H. Suratin Subur. Perkenalan itu meninggalkan kesan mendalam.

BACA JUGA: Memperkuat CPOPC Untuk terus Membela Sawit Ditingkat Global

Di kesempatan lain, Nyoman bersyukur bertemu dengan Ir. H. Sjamsir, kala itu menjabat Direktur Pengembangan PTPN XXI-XXII. Baik Brahmana, Ir. H. Suratin Subur dan Ir. H. Sjamsir menganjurkan Nyoman membangun usaha perkebunan kelapa sawit. Terbersit di benak, kenapa usaha perkebunan sawit tidak ditekuni?

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com