Derom Bangun Sang Legenda Sawit (Bagian 1): Aspek Teknis dan Non Teknis Dimiliki Derom

oleh -7804 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Penulis Untuk InfoSAWIT/ Maruli Pardamean (kanan) bersama dengan Derom Bangun (kiri), saat sesi wawacara di Medan, Sumatera Utara.

InfoSAWIT, JAKARTA – Dari berbagai cabang olahraga banyak lahir tokoh-tokoh yang menjadi legenda, seperti misalnya di cabang bulutangkis ada Rudy Hartono sebagai legenda, di cabang tinju dikenal Muhammad Ali, lantas  Michael Jordan di cabang basket. Nah, di sektor kelapa sawit pun demikian, terdapat tokoh yang melegenda yaitu Derom Bangun.

Derom Bangun telah berkecimpung di bidang kelapa sawit selama kurang lebih lima dasawarsa.  Setelah lulus dari ITB (Institut Teknologi Bandung) dan menyandang gelar insinyur, ia mulai melamar dan bekerja di Socfindo, perusahaan perkebunan  di provinsi kelahirannya pada  1 Pebruari 1967. Socfindo merupakan  perusahaan perkebunan dan pengolahan kelapa sawit dan karet yang saham mayoritas milik perusahaan asing, Belgia. Sejak bekerja di Socfindo, hidupnya tak pernah lepas dari kelapa sawit


Derom Bangun merupakan sosok yang fenomenal dalam industri kelapa sawit, kariernya mulai dari tekniker II sampai menjadi tokoh sawit yang diakui dunia, merupakan pencapaian yang luar biasa. Keberhasilan Derom Bangun, ayah dari tiga orang anak ini, merupakan perpaduan dari aspek teknis, non teknis, karakter, dan manajemen.

BACA JUGA: Saatnya Menata Tata Kelola Sawit

Aspek teknis dapat dilihat dari ilmu dan pengetahuan Derom yang mumpuni di bidang kelapa sawit. Kemampuan ini diperoleh dari pengalaman saat bekerja di Socfindo selama 22 tahun dengan posisi terakhir kepala bagian teknik dan teknologi, latar belakang sebagai  insinyur teknik kimia turut membantu untuk memahami dunia minyak sawit, belajar dari kunjungan ke pabrik-pabrik dalam rangka memodrenisasi dan membangun pabrik baru Socfindo, mengikuti kursus FOSFA (Federation of Oils, Seed, and Fats Association), membaca buku-buku,  pengalamannya dalam mendirikan perusahaan perkebunan kelapa sawit sendiri dan pergaulan dengan tokoh-tokoh sawit nasional dan internasional.

Aspek non teknis seperti kemampuan dalam berkomunikasi, bernegosiasi,  berdiplomasi dan aktif berorganisasi. Derom Bangun  juga  mempunyai karakter yang layak diteladani seperti  ketekunan dalam belajar, hasrat yang kuat, menjaga kepercayaan,  gigih, kerja keras, displin, mencintai profesi,  dan setia pada janji. Karakter ini ditempa oleh ayah dan ibunya sejak ia masih kecil. 

Selain itu Derom, menerapkan ilmu manajemen (Leadership/Kepemimpinan, Planning, Organizing, Actuating. dan Controlling).

BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat Sang Duta Besar Sawit (Bagian 1): Makna Terpendam Dari Nama Derom

Kepemimpinan Derom Bangun dapat terlihat pada saat bekerja di Socfindo. Keberhasilan Derom dalam memajukan perusahaan Socfindo tidak  terlepas dari staf  yang membantunya.  Derom paham betul tentang peranan  leadership/kepemimpinan untuk membuat setiap orang yang membantunya menjadi produktif. Kepemimpinan juga terlihat saat Derom  memimpin Gapki (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) dan DMSI (Dewan Minyak Sawit Indonesia).  Ia memimpin Gapki dan DMSI untuk waktu yang cukup lama. Derom menjabat ketua umum (ketum) Gapki dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2005 (2 periode berturut-turut) dan sebagai ketua harian dari tahun 2006 sampai 2009. Dia menjabat sebagai ketua umum DMSI dari tahun 2012 sampai tahun 2020.  Derom Bangun saat menakhodai  Gapki dan DMSI berhasil membawa  Gapki dan DMSI menjadi organisasi sawit yang disegani baik di kancah nasional maupun internasional.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com