PT SMM Berikan Premi Minyak Sawit Berkelanjutan Rp 442 Juta Kepada Lima Koperasi

oleh -2191 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. ANJ untuk InfoSAWIT/ PT SMM Berikan Premi Minyak Sawit Berkelanjutan Rp 442 Juta Kepada Lima Koperasi.

InfoSAWIT, BELITUNG TIMUR – Perusahan sawit, PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM), anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJ), sekali lagi mempersembahkan penghargaan kepada para petani sawit mitranya melalui lima koperasi. Penghargaan ini berupa premi hasil penjualan minyak sawit berkelanjutan dengan total senilai Rp 442.283.998. Acara penyerahan premi ini dilakukan secara simbolis kepada perwakilan masing-masing koperasi di ANJ Learning Center.

Peningkatan nilai premi yang dibagikan tahun ini mencapai 29% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yang mencapai Rp 340.769.162. Kelima koperasi mitra yang beruntung menerima premi adalah Koperasi Mitra Lestari, Koperasi Sambar Jaya Makmur, Koperasi Mitra Anugrah, Koperasi Berhimpun Sejahtera, dan Koperasi Lindong Raya. Bersama-sama, koperasi-koperasi ini menaungi lebih dari 376 petani dengan total luas lahan tersertifikasi mencapai 755.08 ha.


Wakil Direktur Utama ANJ, Geetha Govindan menyatakan, bahwa penyerahan premi minyak sawit berkelanjutan ini menegaskan komitmen SMM untuk berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat di Belitung Timur. Geetha juga menekankan bahwa kerjasama antara SMM dan petani sawit telah memberikan manfaat nyata bagi para petani tersebut.

BACA JUGA: Program Mandatori Biodiesel Sawit Telah Diujicobakan Untuk Mencapai B40

“Penyerahan premi minyak sawit berkelanjutan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menjalin kerja sama kemitraan dengan tujuh koperasi dan satu BUMDesa. Lima dari tujuh koperasi tersebut kembali mendapatkan insentif dari harga premium RSPO. Kami ucapkan selamat kepada para petani yang menerima insentif premi minyak sawit berkelanjutan. Selain itu, diharapkan hal ini dapat memotivasi para petani mitra SMM untuk terus meningkatkan kualitas produksinya di masa depan,” ujar Geetha dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT ditulis Senin (1/4/2024).

Sementara Direktur Utama SMM, Juli Wankara Purba menjelaskan, bahwa peningkatan nilai premi ini adalah hasil dari kerja sama yang baik antara tim SMM dan para petani mitra, didukung penuh oleh Pemerintah Daerah Belitung Timur. Purba juga menegaskan komitmen SMM untuk menerapkan tata kelola perkebunan yang baik dan memperketat seleksi Tandan Buah Segar (TBS) untuk memastikan minyak sawit yang dihasilkan berasal dari petani berkelanjutan.

“Adapun peningkatan nilai premi tahun ini didorong oleh peningkatan produksi minyak sawit bersertifikat RSPO dari para petani mitra. Ke depannya, SMM berkomitmen untuk terus menerapkan tata kelola perkebunan yang baik dan memperketat seleksi TBS untuk memastikan CPO yang dihasilkan berasal dari petani berkelanjutan,” ungkap Juli.

BACA JUGA: Nilai Ekpsor Minyak Sawit Indonesia Pada Januari 2024 Capai US$ 2,304 Miliar

Perwakilan petani dari Koperasi Berhimpun Sejahtera, Harman, menekankan pentingnya peningkatan nilai premi di masa depan dan berbagi tentang inovasi dalam pembagian premi kepada anggota koperasi melalui sistem perbankan untuk keamanan, akurasi, dan praktisitas yang lebih baik.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com