Bumitama Biodiversity and Community Project, Cara Melindungi Lingkungan Libatkan Masyarakat Lokal

oleh -2332 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/ Kepala Perlindungan & Tata Kelola Lingkungan Bumitama Agri Ltd., Martin Mach.

InfoSAWIT, JAKARTA – Inisiatif minyak kelapa sawit berkelanjutan memainkan peran penting dalam membentuk dampak positif pada masyarakat lokal, terutama dalam meningkatkan mata pencaharian ekonomi mereka dan mempromosikan konservasi lingkungan.

Tercatat salah satu manfaat utama yang diperoleh masyarakat lokal dari inisiatif minyak kelapa sawit berkelanjutan adalah peningkatan mata pencaharian ekonomi mereka. Dengan terlibat dalam inisiatif-inisiatif ini, anggota masyarakat diberikan sumber pendapatan alternatif yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Ini, pada gilirannya, membantu mengurangi kemiskinan dan menciptakan peluang untuk pertumbuhan ekonomi di dalam komunitas.


Diungkapkan Kepala Perlindungan & Tata Kelola Lingkungan Bumitama Agri Ltd., Martin Mach, inisiatif minyak kelapa sawit berkelanjutan seringkali melibatkan proyek-proyek penghijauan, berkontribusi pada restorasi ekosistem dan peningkatan keanekaragaman hayati. Masyarakat lokal secara aktif terlibat dalam upaya ini, mendapatkan peluang pekerjaan dalam menanam dan merawat pohon. Inisiatif-inisiatif ini tidak hanya berkontribusi pada konservasi lingkungan tetapi juga memberdayakan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam pemulihan lingkungan sekitar mereka.

BACA JUGA: Perusahaan Sawit Asal Indonesia Dominasi Penghargaan Excellence Awards RSPO

Kerjasama ini juga melibatkan kegiatan patroli, yang sangat penting untuk melindungi hutan dari kegiatan ilegal seperti penebangan dan perburuan satwa liar. Dengan melibatkan anggota masyarakat dalam kegiatan patroli, rasa kepemilikan dan tanggung jawab ditanamkan, menciptakan pendekatan yang lebih efektif dan berkelanjutan terhadap perlindungan hutan.

“Melibatkan masyarakat sekitar kebun memberikan dampak pada penghutanan kembali, mereka yang biasanya bekerja di dalam hutan untuk mencari kayu ditawarkan melalui sarana pendapatan dalam membantu perusahaan untuk mengontrol dan membantu melakukan reboisasi,’ katanya dikutip InfoSAWIT dari video pendek RSPO, Sabtu (13/1/2024).

Lantas, aspek kunci dari inisiatif minyak kelapa sawit berkelanjutan adalah pendidikan masyarakat lokal tentang praktik pertanian berkelanjutan. Ini melibatkan mengajarkan metode-metode bertanggung jawab secara lingkungan dalam budidaya kelapa sawit, memastikan bahwa perkebunan dikelola dengan cara yang meminimalkan dampak negatif pada lingkungan. Memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan meningkatkan kemampuan mereka untuk menemukan keseimbangan antara pengembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan.

BACA JUGA: Uni Eropa Tetapkan Regulasi Sustainable Aviation Fuel (SAF), Sawit dan Kedelai Tak Penuhi Syarat

Dengan menyediakan sumber pendapatan alternatif dan mempromosikan praktik-praktik berkelanjutan, inisiatif-inisiatif ini membantu mengurangi tekanan pada sumber daya alam. Metode-metode tradisional eksploitasi hutan, seperti penebangan ilegal, diminimalkan saat komunitas mengadopsi praktik-praktik yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. Ini, pada gilirannya, berkontribusi pada pelestarian keseluruhan ekosistem dan memastikan keberlanjutan jangka panjang dari sumber daya lokal.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com