Di 2023 Jadi Tahun Penuh Tantangan, Laba Bersih TAPG Anjlok 46 Persen

oleh -1120 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/Foto: Dede Sugiana/Ilustrasi kebun sawit.

InfoSAWIT, JAKARTA – Sepanjang 2023,  perseroan  mencatat pendapatan sebesar Rp  8,33  triliun  atau turun sekitar 11% dibandingkan tahun 2022, dimana  laba  bersih juga mengalami hal serupa yakni mencapai  Rp 1,66 triliun atau tercatat turun sekitra 46% dibandingkan tahun 2022.

Adapun Aset perseroan  sampai akhir 2023 tercatat sebesar Rp 13,87 triliun, terkoreksi   5%  dibandingkan  tahun  lalu  akibat  penurunan   aset  lancar   yang  digunakan  untuk percepatan pelunasan  utang  bank.


Diungkapkan Direktur PT Triputra Agro Persada Tbk., (TAPG), Erida, hal  tersebut  turut  berdampak  pada  pengurangan  beban perseroan dengan liabilitas yang menurun hingga 39% (yoy) menjadi Rp 2,53 triliun pada akhir 2023. “Namun ekuitas perseroan  tercatat meningkat hingga 9% (yoy) menjadi Rp 11,34 triliun,” ungkapnya saat Publik Expose PT TAPG yang dipantau InfoSAWIT, ditulis Jumat (3/5/2024).

BACA JUGA: Saat RUPS Berlangsung, Unilever Dituntut Turunkan GRK dan Putuskan Hubungan Dengan Pemasok Pengambil Alih Lahan

Merujuk informasi dari perseroan, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) telah menyetujui  dan  mengesahkan Laporan  Tahunan,  dan  Laporan  Keuangan  Perseroan untuk Tahun Buku 2023.

Para pemegang  saham juga menyetujui pembagian dividen senilai  total Rp 1,80 triliun atau setara  Rp 91 per lembar  saham, nilai tersebut  meningkat  hingga 140%  dibandingkan nilai dividen per lembar tahun lalu.

Rapat juga menyetujui perubahan dan penegasan kembali  susunan anggota direksi dan komisaris Perseroan menyusul wafatnya  komisaris Perseroan Kuntoro  Mangkusubroto pada  akhir  2023. Perseroan  turut  berbelasungkawa  atas   kepergiannya  dan  berterima  kasih   atas  dedikasi dan kontribusinya bagi perseroan.

BACA JUGA: Harga Referensi CPO Menguat, Bea Keluar dan Pungutan Ekspor CPO Mei 2024 Ditetapkan US$ 142 Per Ton

Dengan demikian, susunan anggota Dewan Komisaris dan Direksi yang baru adalah sebagai berikut, untuk Dewan Komisaris diantaranya, Arif Rachmat, Arini Saraswaty Subianto, Toddy Mizaabianto Sugoto, Danny Rachmat dan Komisaris Independen yakni Aridono Sukmanto, Maruli Gultom dan Stanley Setia Atmadja

Sementara Dewan Direksi diantaranya, Presiden Direktur, Tjandra Karya Hermanto; Direktur Erida, Sutedjo Halim, Budiarto Abadi dan George Oetomo. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com