RSPO Luncurkan PRISMA, Perkuat Praktik Berkelanjutan di Industri Minyak Sawit

oleh -2658 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/RSPO luncurkan Palm Resource Information and Sustainability Management, akhir Januari 2024 lalu di Kuala Lumpur.

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Lembaga nirlaba multi stakeholder yang berfokus pada praktik sawit berkelanjuutan, Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) belum lama ini memperkenalkan inisiatif baru yang bertujuan untuk merevolusi praktik berkelanjutan di sektor minyak sawit. PRISMA merupakan singkatan dari Palm Resource Information and Sustainability Management, merupakan sistem sertifikasi, perdagangan, dan pelacakan yang komprehensif yang akan siap mengubah standar industri dan mampu memenuhi regulasi global.

PRISMA, seperti namanya, membelokkan kelestarian di sepanjang rantai pasok minyak sawit, mengintegrasikan komponen-komponen yang beragam yang penting untuk masa depan yang berkelanjutan. Ini mewakili dedikasi RSPO yang tak tergoyahkan terhadap kelestarian dan menandakan upaya kolaboratif yang diperlukan untuk mendorong perubahan positif dalam industri.


Logo itu sendiri, terinspirasi oleh fleksibilitas buah kelapa sawit, menampilkan sehelai daun kelapa yang melingkupi inti kelapa sawit. Desain emblematis ini mencakup komitmen RSPO untuk memupuk hubungan simbiotik antara pertanian dan teknologi, penting untuk kemajuan sektor menuju kelestarian.

BACA JUGA: Pendapatan Koperasi Konsumen Bersatu Makmur Jaya Meningkat dari Kredit RSPO Capai US$ 71.230

Pejabat Strategi dan Transformasi Digital RSPO, Nikki Gee menekankan, dedikasi organisasi terhadap inovasi dan kelestarian, menyatakan, “Bersama mitra kami, RSPO tetap komit untuk memajukan industri minyak sawit yang berkelanjutan melalui solusi inovatif,” katanya dikutip InfoSAWIT dari laman resmi RSPO ditulis Minggu, 25/2/2024)

Pengembangan PRISMA dipimpin oleh Agridence, sebuah perusahaan agritech berbasis di Singapura, bekerja sama dengan NGIS, memanfaatkan kemampuan penilaian risiko geospasial untuk memastikan pelacakan dan kepatuhan yang kuat dalam sistem tersebut.

BACA JUGA: RSPO dan Solidaridad Amerika Latin Menandatangani Deklarasi untuk Dukung Minyak Sawit Berkelanjutan

Diharapkan diluncurkan pada kuartal terakhir tahun 2024, PRISMA menandai saat yang penting dalam perjalanan industri minyak sawit menuju kelestarian. Dengan memprioritaskan sertifikasi, perdagangan, dan pelacakan, RSPO dan mitra-mitranya tidak hanya memastikan kepatuhan terhadap standar saat ini tetapi juga membentuk landasan bagi industri minyak sawit yang siap menghadapi masa depan dan berkelanjutan. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com