KPK Sita Pabrik Sawit dan Rumah Mewah Milik Bupati Labuhanbatu Nonaktif

oleh -8716 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
InfoSAWIT
Dok. Istimewa/Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

InfoSAWIT, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan langkah tegas dalam memerangi korupsi dengan menyita aset-aset yang diduga milik Bupati Labuhanbatu nonaktif, Erik A Ritonga (EAR). Kali ini, yang menjadi sasaran penyitaan adalah sebuah pabrik kelapa sawit (PKS) dan sebuah rumah mewah.

Pabrik kelapa sawit yang disita oleh KPK terletak di Kelurahan Janji, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu, dengan nilai mencapai Rp 15 miliar. Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, menyatakan bahwa pabrik tersebut masih dalam tahap proses uji coba operasional dan diduga merupakan hasil dari penerimaan suap yang dilakukan oleh tersangka EAR dan orang kepercayaannya.


“Pemasangan plang sita untuk menegaskan status aset dimaksud sebagai upaya mencegah klaim dari pihak-pihak tertentu. Kembali dilakukan analisis dan berikutnya dikonfirmasi lebih lanjut melalui pemeriksaan saksi-saksi,” ujar Ali dilansir InfoSAWIT dari inews.id, Kamis (2/5/2024).

BACA JUGA: 

Selain pabrik kelapa sawit, KPK juga menyita sebuah rumah mewah yang terletak di Kota Medan. Rumah tersebut diduga memiliki keterkaitan dengan penerimaan suap yang dilakukan oleh tersangka EAR. Ali Fikri menaksir harga rumah tersebut mencapai Rp 5,5 miliar.

Langkah-langkah penyitaan ini merupakan bagian dari upaya KPK dalam memberantas korupsi dan menegakkan hukum. KPK mengimbau agar aset-aset yang disita tidak disalahgunakan selama proses penyitaan berlangsung, serta menegaskan bahwa plang penyitaan dipasang untuk mencegah klaim dari pihak-pihak tertentu. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com