SLKS Jadi Jalan Petani Sawit Swadaya Karya Serumpun Peroleh Sertifikat RSPO

oleh -2769 Dilihat
infosawit
Dok. Istimewa

InfoSAWIT,  JAKARTA – Melalui pendekatan Sekolah Lapang Kelapa Sawit (SLKS), telah menghantarkan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Swadaya Karya Serumpun, menjadi kelompok petani sawit swadaya di Kabupaten Indragiri Hulu memperoleh sertifikat praktik sawit berkelanjutan versi Rundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Bermula dari kegiatan Pendampingan Pekebun Sawit Swadaya untuk Menerapkan Good Agricultural Practices (GAP). Dimana program ini merupakan kerjasama antara Widya Erti Indonesia (WEI) dengan Unilever dan Daemeter Consulting yang berlangsung dari tahun 2017 sampai 2019 lalu.


Dalam program ini, penerapan GAP dilakukan melalui pendekatan Sekolah Lapang Kelapa Sawit (SLKS). Setelah terlaksana satu siklus SLKS, tercatat sebanyak 35 petani alumni SLKS yang berbakat dan memiliki minat yang tinggi untuk mengembangkan dirinya diberikan pelatihan yang berkaitan dengan kefasilitatoran, teknik fasilitasi, dan kelembagaan yang selanjutnya disebut dengan Petani Fasilitator (PF). Kemudian, para Petani Fasilitator tersebut diberikan kesempatan untuk memfasilitasi SLKS pada siklus kedua.

BACA JUGA: Potensi Pertumbuhan Pasar Minyak Sawit Berkelanjutan Indonesia

Selanjutnya, berangkat dari keresahan para petani fasilitator mengenai kesulitan memperoleh pupuk, ketidakstabilan harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit, serta masalah hutang kepada Toke/tengkulak, para petani fasilitator lantas bersepakat mendirikan Asosiasi Petani Kelapa Sawit Swadaya Karya Serumpun tahun 2019.

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com