Harga Minyak Sawit di Bursa Malaysia Naik RM 19 per ton Pada Rabu (27/9)

oleh -2289 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa/Bursa Malaysia.

InfoSAWIT, JAKARTA – Harga kontrak minyak sawit mentah (CPO) di Bursa Malaysia dibuka lebih tinggi pada Rabu, (27/9/2023), didukung adanya kenaikan harga minyak nabati lain di Bursa Dalian, serta melemahnya nilai tukar mata uang ringgit.

Dilansir Reuters, harga kontrak acuan minyak sawit berkode FCPOc3 untuk pengiriman Desember 2023 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange naik RM 19 per ton atau terdapat 0,51%, menjadi 3,711 ringgit ($788,90) per metrik ton di awal perdagangan.


Sementara harga kontrak minyak kedelai di Bursa Dalian berkode DBYcv1 tercatat naik 0,35%, sementara harga kontrak minyak sawit berkode DCPcv1 meningkat 0,36%. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 turun 0,21%.

BACA JUGA: Terkait Penyelesaian Sengketa Adat Dayak Hibun dan PT MAS, RSPO dianggap Tidak Kredibel

Minyak kelapa sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak nabati lainnya lantaran mereka bersaing untuk memperoleh pangsa pasar minyak nabati global.

Saat ini nilai tukar mata uang Ringgit = MYR, mata uang perdagangan sawit, melemah terhadap dolar AS, menjadikan minyak sawit lebih menarik bagi pemegang mata uang asing.

Menurut Refinitiv Commodities Research, tren kekeringan yang memburuk akan terjadi pada bulan Oktober di Indonesia, produsen minyak sawit terbesar di dunia.

BACA JUGA: Tantangan Industri Sawit Indonesia, Produksi Stagnan dan Kebijakan Tumpang Tindih

Diungkapkan Analis Teknikal Reuters, Wang Tao, harga minyak sawit mungkin akan berada pada posisi RM 3,636 hingga RM 3,650 per metrik ton, sementara batas terendahnya bisa mencapai RM 3,561 pert ton. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com