Bursa CPO Tidak Kendalikan Harga Sawit

oleh -4493 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa/Ilustrasi Bursa Komoditas.

InfoSAWIT, JAKARTA – Terkait pengendalian harga minyak sawit mentah (CPO), jikalau bursa dibangun untuk mengendalikan harga, diyakini tidak bisa dilakukan lantaran bursa berjalan harus independent dan transparent supaya terbangun trust.

“Sehingga bila ada pihak dalam hal ini pemerintah mau mengendalikan harga dan menggunakan mekanisme bursa jawabannya adalah tindakan tersebut salah besar,” tutur Kepala Bagian Bursa dan Pengembangan Bisnis, PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN), Andrial Saputra, kepada InfoSAWIT, belum lama ini.


Harga di pasar dalam hal ini bursa berjalan menggunakan mekanisme supply (pasokan) dan demand (permintaan). Sehingga untuk mengatur mengendalikan harga bukan dengan membangun bursa melainkan memberikan kebijakan tambahan yang sifatnya dinamis, ketika harga dirasa bergerak terlalu ekstrim melemah atau menguat.

BACA JUGA: Beda Bursa CPO Dengan Mengendalikan Harga

Andrial mencontohkan Bursa Malaysia (MDEX), sewaktu periode 2021 hingga 2022 dimana harga di bursa MDEX terdapat rally cukup kencang, justru pemerintah Malaysia memberikan kebijakan subsidi minyak goreng sehingga konsumen akhir (end user) tidak dirugikan saat harga tinggi, dan disaat yang sama para produsen happy menerima harga yang tinggi saat itu.

Kebijakan ini pun juga bisa dilakukan saat harga turun ekstrim sehingga pendapatan petani di Malaysia tidak habis berkurang. Jadi solusi untuk mengendalikan harga bukan melalui pembuatan bursa.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN Turun 0,37 Persen Pada Jumat (22/12), Sementara Harga Mingguan Naik 1,18 Persen

Diakui Andrial, bursa CPO sebenarnya bagus untuk dibentuk sebagai bagian dari meramaikan peta pasar CPO saat ini, dimana penjualannya mayoritas masih bersifat lelang atau penjualan langsung. Disaat yang sama membangun bursa butuh kredibilitas dan transparansi sehingga bisa menghasilkan trust.  (T2)

Lebih lengkap baca Majalah InfoSAWIT Edisi Oktober 2023

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com